Dinkes: Total Lima Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Jawa Barat 

Senin, 13 November 2023 – 21:11 WIB
Dinkes: Total Lima Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Jawa Barat  - JPNN.com Jabar
Ilutsrasi cacar monyet atau monkey pox. Foto: Reuters: CDC/Brian WJ Mahy/Handout

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat mencatat terjadi peningkatan kasus cacar monyet atau Monkeypox di wilayahnya. 

Data terbaru yang dicatat Dinkes, sampai hari ini ada lima laporan kasus yang diterima, paling baru ditemukan di Cirebon. 

"Yang positif (cacar monyet) menjadi lima orang, nambah satu. Jadi, ada di Kota Bandung itu sudah sembuh, Kota Bekasi, Depok, Cirebon, dan Kabupaten Cirebon (baru)," kata Kepala Dinkes Jabar Vini Adiana Dewi dikonfirmasi, Senin (13/11). 

Dengan ditemukannya satu kasus baru, Vini mengaku pihaknya menginstruksikan kepada seluruh kota/kabupaten, khususnya Cirebon untuk segera melakukan tracing atau pelacakan kontak erat selama 21 hari ke depan. 

"Kami tetap siap siaga khusunya kepada kontak erat dalam hal ini keluarga. Jadi kami akan pantau selama 21 hari (ke depan) karena kemarin juga yang di Bandung, Alhamdulillah sudah 21 hari tidak ada yang positif lagi," ungkapnya

Maka dari itu, pihaknya terus mengimbau kepada seluruh dinkes di kota kabupaten, untuk melakukan pemantauan kepada kontak erat dari pasien yang terinfeksi. 

"Pokoknya 21 hari (ke depan) saja, karena kami menghitungnya teman-teman kabupaten kota diharapkan untuk selalu memantau selama 21 hari (jika ditemukan adamya kasus positif)," tuturnya. (mcr27/jpnn) 

Dinkes Jabar mencatat terjadi peningkatan kasus cacar monyet atau Monkeypox di wilayahnya. 

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News