Pameran Foto PFI Bandung '731', Momentum Dua Tahun Pandemi Covid-19

Kamis, 03 Maret 2022 – 15:30 WIB
Pameran Foto PFI Bandung '731', Momentum Dua Tahun Pandemi Covid-19 - JPNN.com Jabar
Salah seorang pengunjung tengah mengamati foto dalam pameran "731" yang digagas Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bandung di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Sebuah karya seni tak jarang lahir atas sebuah momentum yang pernah atau sedang terjadi. Seperti yang dilakukan organisasi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Bandung yang menggelar sebuah pameran foto jurnalistik bertajuk “731” di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Jalam Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung.

Ketua Pameran “731” PFI Bandung Raisan Al Farisi mengatakan, gagasan pameran ini lahir dari kegagalan kegiatan sebelumnya yang seharusnya berjalan. Tingginya kasus Covid-19 varian Delta, tahun lalu, membuat dia dan anggota PFI Bandung lainnya terpaksa harus menunda pameran tersebut.

Terdiri atas 15 pewarta foto dari berbagai media di jawa Barat, pameran ini menampilkan 57 foto dan empat foto bercerita. Keseluruhan foto mengisahkan dinamika kehidupan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Para pewarta foto ini dengan apik memotret setiap kisah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. “ Pameran ini sekaligus mengisahkan kami pewarta foto sebagai garda terdepan dalam menggambarkan situasi ke dalam bentuk visual foto,” kata Raisan kepada JPNN.com di GIM Bandung, Rabu (2/3).

Berbagai foto yang ditampilkan itu terdiri dari foto para petugas kesehatan ketika menangani Covid-19, kondisi masyarakat ketika pandemi, potret petugas pemakaman ketika memakamkan salah satu jenazah Covid-19, adaptasi kebiasaan baru masyarakat, hingga potret pewarta itu sendiri ketika meliput di masa pandemi.

Raisa menerangkan, pameran ‘731’ sekaligus menjadi momentum peringatan dua tahun pandemi Covid-19. Pasalnya, tepat hari ini di tahun 2020, kasus pertama Covid-19 terkonfirmasi di Indonesia.

Selain itu, ‘731’ juga menjadi peringatan kepada seluruh masyarakat untuk memahami risiko orang-orang yang bertempur menghadapi wabah yang berkecamuk dan merenggut banyak nyawa manusia.

Termasuk, pameran foto ini juga dipersembahkan kepada para pewarta yang telah meliput perkembangan kasus Covid-19 selama 731 hari.

Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Bandung menggelar pameran foto bertajuk '731'. Foto yang dipamerkan mengisahkan dinamika kehidupan pandemi Covid-19.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News