5 Tahun Terbengkalai, Pembangunan Gedung Pemkab Sukabumi Siap Dilanjutkan di Tahun Depan

Jumat, 11 Oktober 2024 – 09:00 WIB
5 Tahun Terbengkalai, Pembangunan Gedung Pemkab Sukabumi Siap Dilanjutkan di Tahun Depan - JPNN.com Jabar
Gedung Pusat Pemkab Sukabumi yang berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jabar yang kondisinya memprihatinkan akibat tertundanya pelaksanaan pembangunan. ANTARA/ (Aditia A Rohman)

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan pembangunan Gedung Pusat Pemkab Sukabumi di Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Sukabumi, Jabar yang mangkrak dilanjutkan pada tahun depan atau 2025.

"Proyek tersebut bukan mangkrak tetapi karena kekurangan dana, karena Pemkab Sukabumi harus memprioritaskan anggaran pada sektor lain sehingga pembangunan tertunda," katanya.

Dari pantauan di lokasi, gedung berlantai enam yang dijadikan pusat perkantoran Pemkab Sukabumi dan akan diisi oleh 14 dinas, saat ini sebagian bangunannya sudah dalam kondisi rusak dan tidak terawat.

Terlihat beberapa plavon kondisinya sudah jebol, cat tembok sudah mengelupas dan banyak jendela yang kacanya sudah pecah. Ironisnya lagi, bangunan yang dibangun sejak 2019 dan ditargetkan selesai pada 2022 kondisinya saat ini cukup memprihatinkan.

Informasi yang dihimpun bahwa anggaran untuk pembangunan gedung tersebut mencapai Rp61,7 miliar yang berasal dari APBD Kabupaten Sukabumi.

Namun, anggaran itu dinilai kurang untuk pembangunan gedung yang berada di Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu atau Ibu Kota Kabupaten Sukabumi.

Pembangunan ini tertunda, karena terkendala terbatasnya anggaran ditambah terjadinya pandemi Covid-19 sehingga anggaran yang ada di APBD digunakan untuk percepatan penanganan Covid-19.

Menurut Bupati, sebenarnya bisa saja Pemkab Sukabumi menggunakan APBD untuk melanjutkan pembangunan gedung ini, namun dialihkan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Kabupaten Sukabumi.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan pembangunan Gedung Pusat Pemkab Sukabumi yang mangkrak akan dilanjutkan pada tahun depan atau 2025.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News