Kota Bandung Memenuhi Salah Satu Syarat Endemi

Rabu, 02 Maret 2022 – 20:32 WIB
Kota Bandung Memenuhi Salah Satu Syarat Endemi - JPNN.com Jabar
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyebut wilayahnya sudah memenuhi salah satu syarat untuk masuk ke dalam status endemi, salah satunya vaksinasi Covid-19 mencapai 70 persen. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyebut wilayahnya sudah memenuhi salah satu syarat untuk masuk ke dalam status endemi.

Ketua Satgas Covid-19 Kota Bandung Asep Gufron menuturkan, salah satu syarat sebuah wilayah bisa berstatus endemi ialah tingkat vaksinasi Covid-19 yang harus mencapai 70 persen.

Sementara, tingkat vaksinasi di Kota Bandung dosis pertama sudah mencapai 112 persen.

“Untuk Kota Bandung sangat aman, karena dosis satu kami kan sudah 112%, dosis duanya sudah 100,5%,” ucap Asep dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/3).

Asep menjelaskan, bila vaksinasi menjadi syarat untuk mengubah status menjadi endemi, menurutnya Kota Bandung siap menyambut kebijakan tersebut.

Selain itu, unsur ekonomi, sosial, dan budaya juga memengaruhi evaluasi pemerintah pusat terkait pandemi yang diwacanakan menjadi endemi.

“Pusat sedang mengkaji soal endemi ini, kan belum juga disebutkan kapan akan dilakukan itu, tetapi Bandung sudah siap,” tuturnya.

Kata Asep, bila sudah bestatus endemi maka akan ada kebijakan-kebijakan baru dalam hal penanganan Covid-19. “Kan kalau endemi ya ada kebijakan baru, bisa saja PPKM sudah tidak ada, itu kan tadi kebijakan pusat, sama halnya dari negara Eropa, mungkin ada kebijakan,” ujarnya.

Pemkot Bandung sebut wilayahnya memenuhi salah satu syarat memasuki status endemi. Begini penjelasan Satgas Covid-19 Kota Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News