Menkop Teten Dorong eFishery Mulai Memasuki Pasar Dunia

Rabu, 11 Oktober 2023 – 21:30 WIB
Menkop Teten Dorong eFishery Mulai Memasuki Pasar Dunia - JPNN.com Jabar
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki saat hadir dalam acara peringatan HUT ke-10 eFishery dengan tema ‘10th AnniFishery’ di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Kota Bandung, Rabu (11/10). Foto: Humas Kemenkop UKM

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki meminta kepada platform eFishery agar tidak hanya bermain di pasar nasional saja. Startup asal Kota Bandung itu didorong supaya masuk juga ke pasar kelas dunia.

Hal itu disampaikan Menteri Teten saat menghadiri acara peringatan HUT ke-10 eFishery dengan tema ‘10th AnniFishery’ di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Kota Bandung, Rabu (11/10).

Dalam kesempatan itu, Menteri Teten juga meluncurkan koperasi ekosistem digital pertama di Indonesia bernama Koperasi Multi Pihak (KMP) Tumbuh Bersama Pembudidaya (Koperasi TBP).

KMP menjadi ekosistem yang mencakup investor, funder, partners (supplier, agen pakan, pabrik pakan, dan sebagainya), buyer, eFisherian, hingga para petambak dan pembudidaya ikan dan udang.

“Dari suatu kegiatan ekonomi yang melibatkan banyak pihak, memang paling cocok digunakan koperasi multipihak. Sehingga, sirkular ekonomi akan lebih optimum dimanfaatkan untuk memperbesar seluruh pihak yang terlibat dalam bisnis ini,” kata Teten.

Menteri Teten menegaskan pihaknya akan terus mendukung perkuatan ekosistem sektor produksi perikanan di eFishery, karena melibatkan para petambak kecil dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

“Dengan aplikasi digital, eFishery bisa mengonsolidasi dan mengagregasi produk, menghubungkan ke market, hingga ke pembiayaan,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Indonesia harus lebih banyak melakukan transformasi digital di sektor produksi.

Menkop Teten Masduki meminta kepada platform eFishery agar tidak hanya bermain di pasar nasional saja.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News