Menkop Teten: Kehadiran PLUT Bantu UMKM Naik Kelas

Senin, 23 Oktober 2023 – 16:15 WIB
Menkop Teten: Kehadiran PLUT Bantu UMKM Naik Kelas - JPNN.com Jabar
Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki (tengah) yang didampingi Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin (kiri) dan Bupati Bandung Dadang Supriatna saat meresmikan Pusat Layanan Unit Terpadu (PLUT) KUKM yang terletak di Soreang, Kabupaten Bandung pada Senin (23/10). Foto: Humas Kemenkop UKM

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki meresmikan Pusat Layanan Unit Terpadu (PLUT) KUKM yang terletak di Soreang, Kabupaten Bandung pada Senin (23/10).

Selain oleh Menteri Teten, peresmian gedung juga dihadiri Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dan Bupati Bandung Dadang Supriatna.

Teten mengatakan, kehadiran PLUT di Kabupaten Bandung diharapkan bisa menjadi ruang atau wadah kreativitas pelaku UMKM yang ingin memasarkan produknya.

Di PLUT, pelaku usaha bisa berkonsultasi dengan para ahli. Mereka juga akan diarahkan dan diberi pelatihan dalam pemasaran produk.

“Gedung PLUT ini dibangun untuk menjadi bagian dari fasilitas para pelaku UMKM untuk mendapatkan konsultasi usaha. Mereka ketika memulai usaha sudah diarahkan usahanya ke mana,” kata Teten ditemui seusai peresmian.

PLUT di Kabupaten Bandung ini menjadi yang ke enam di Jawa Barat dan ke-87 di Indonesia. Teten berharap, dari Bandung akan muncul pelaku UMKM lain yang punya bisnis produk berbeda dari wilayah lain.

Menurut Teten, permasalahan UMKM saat ini adalah kesamaan bisnis produk yang diciptakan. Kemudian, mereka juga masih harus banyak belajar soal pengemasan produk agar diminati konsumen.

“Supaya jangan sekarang ini banyak usaha yang sejenis sehingga kompetisinya terlalu tajam. Jadi diarahkan potensi apa, daerah ini bisnisnya harus ke mana,” tuturnya.

Menkop UKM Teten Masduki Teten Masduki meresmikan Pusat Layanan Unit Terpadu (PLUT) KUKM yang terletak di Soreang, Kabupaten Bandung pada Senin (23/10).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News