Peneliti Unpad: Sudah Saatnya Siswa SD Memanfaatkan VR untuk Bantu Belajar Matematika

Selasa, 10 Oktober 2023 – 11:00 WIB
Peneliti Unpad: Sudah Saatnya Siswa SD Memanfaatkan VR untuk Bantu Belajar Matematika - JPNN.com Jabar
Peneliti Psikologi dari Unpad Shally Novita menilai virtual reality (VR) dapat dimanfaatkan untuk membantu proses pembelajaran matematika di tingkat SD. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Peneliti Psikologi dari Universitas Padjadjaran Shally Novita menilai virtual reality (VR) dapat dimanfaatkan untuk membantu proses pembelajaran matematika di tingkat pendidikan dasar (SD) di Indonesia.

Menurutnya, tim peneliti dari Fakultas Psikologi Unpad telah mencoba menjadikan VR sebagai bagian asesmen dari mata pelajaran matematika.Selama ini, matematika kerap menjadi momok bagi siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah.

Seiring dengan fenomena masyarakat 5.0 bahwa peran teknologi tidak bisa ditolak, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah teknologi memberikan warna tersendiri dalam asesmen matematika anak SD.

“Kami merekomendasikan penggunaan teknologi VR pada anak SD agar anak-anak lebih terbiasa mengoperasikan alat yang dapat menunjang pembelajaran. Hendaknya penggunaan teknologi untuk pembelajaran dapat terus ditingkatkan karena secara alami anak tampaknya akan lebih senang belajar dengan menggunakan teknologi,” ucap Novita dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Selasa (10/10).

Kata Novita, rekomendasi ini muncul berdasarkan asesmen matematika pada anak-anak yang bersekolah di lima SD Negeri di Bandung, dengan menggunakan tiga metode: paper pencil, tablet, dan VR.

“Kami melakukan asesmen matematika pada anak-anak yang bersekolah di lima SD Negeri di Bandung dengan menggunakan tiga metode, di antaranya paper pencil, tablet, dan VR. Seluruh item yang berjumlah 35 dikembangkan oleh Departemen Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI),” katanya.

Berdasarkan penelitian ini, kata Novita, tim peneliti menemukan skor kelompok VR lebih rendah daripada skor paper pencil dan tablet yang mengindikasikan bahwa penggunaan teknologi VR berhubungan dengan skor matematika anak.

Selain itu, analisis time reaction juga menunjukkan anak lebih membutuhkan banyak waktu untuk mengerjakan soal di VR dibandingkan dengan di tablet.

Peneliti Psikologi dari Unpad Shally Novita menilai virtual reality (VR) dapat dimanfaatkan untuk membantu proses pembelajaran matematika di tingkat SD.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News