Universitas Telkom Berikan Pelatihan Literasi Digital untuk Guru Se-Bandung Raya

Senin, 09 Oktober 2023 – 14:36 WIB
Universitas Telkom Berikan Pelatihan Literasi Digital untuk Guru Se-Bandung Raya - JPNN.com Jabar
Rektor Telkom University Profesor Adiwijaya. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Telkom University menggelar workshop literasi digital untuk pendidik atau guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, khusunya dalam bidang literasi digital.

Kegiatan bertajuk Digital Ethic Literation for Teacher (DELTA) ini merupakan bagian dari program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) 2023, berdasarkan arahan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK).

Diharapkan, pelatihan ini mampu menggenjot literasi digital guru dan siswa dalam mendukung kegiatan belajar mengajar.

Rektor Telkom University Profesor Adiwijaya menuturkan, pihaknya yang menjadi salah satu dari 24 perguruan tinggi mendapatkan amanah dari Kemenko-PMK, untuk melakukan upaya bagaimana generasi muda saat ini melek terhadap digitalisasi. Mengingat saat ini, seluruh aspek kehidupan mau tidak mau, telah memasuki era digital yang harus dikuasai dan dimanfaatkan untuk kegiatan positif.

"Kemudian saat ini kami berkolaborasi dengan SEAMEO Qitep in Science, bagaimana mengedukasi memberikan digital ethic literation untuk guru. Ini satu hal yang sangat penting, dimana disrupsi digital itu adalah tidak ada pengecualian. Masuk ke semua aspek," ucap Adiwijaya dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Senin (9/10).

Adiwjaya menambahkan, kecanggihan teknologi digital saat ini tidak hanya harus dikuasai dengan baik oleh siswa dalam menghadapi dinamika di masa depan, tetapi juga bagaimana bisa dimanfaatkan untuk tujuan bermanfaat.

"Pentingnya memberikan pendidikan tidak hanya skills, tapi bagaimana menyadarkan guru untuk menyadarkan siswanya menjadi digital well being. Sehingga digital bisa memberikan kebermanfaatan untuk kemajuan bangsa," tuturnya

Lebih lanjut, Adiwijaya berharap, melalui langkah awal ini dapat menjadi pondasi untuk mengembangkan konsep serupa di skala nasional. Dimana nantinya generasi muda Indonesia memiliki komptensi, kapabilitas untuk bersaing di dunia global.

Telkom University menggelar workshop literasi digital untuk pendidik atau guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, khusunya bidang literasi digital.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News