Penjelasan Pemprov Jabar Soal Pembatalan Diskusi Anies Baswedan di GIM Bandung

Senin, 09 Oktober 2023 – 14:17 WIB
Penjelasan Pemprov Jabar Soal Pembatalan Diskusi Anies Baswedan di GIM Bandung - JPNN.com Jabar
Bacapres Anies Baswedan saat menghadiri kegiatan diskusi di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung, Minggu (8/10). Foto: Instagram pribadi @aniesbaswedan

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan gagal menggelar diskusi di salah satu gedung bersejarah di Kota Bandung, yakni Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan, pada Minggu (8/10).

Anies bersama relawan Change Indonesia padahal sudah tiba di GIM. Namun, setibanya di bangunan cagar budaya itu, seluruh pintunya terkunci dan tidak bisa diakses.

Alhasil, mereka berdiskusi dengan cara duduk lesehan di halaman bangunan GIM Bandung.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov) Jabar dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) memberikan penjelasan, mengapa pihaknya membatalkan memberikan izin kegiatan diskusi di GIM.

Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar mengatakan, penggunaan gedung tersebut diperbolehkan dan tidak menjadi masalah selama peruntukannya sesuai dengan aturan dan tidak untuk kegiatan politik.

Sebagai pihak pengelola gedung tersebut, kata Benny, surat izin yang dilayangkan ke pihaknya disampaikan oleh Poros Anak Muda Sosia Politika, dengan perihal peminjaman tempat untuk kegiatan Rapat Koordinasi Change Indonesia dengan tema ‘Demi Ibu Pertiwi Meluruskan Jalan Demokrasi’ yang suratnya diserahkan pada 27 September 2023.

Surat tersebut kemudian dibalas oleh UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jabar pada 2 Oktober 2023 dengan memberikan izin peminjaman tempat, dengan catatan tidak diperkenankan untuk kegiatan politik dan harus berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

“Namun pada kenyataannya, sehari sebelum acara digelar terdapat beberapa spanduk maupun baliho yang dengan jelas dan tegas menggaungkan dukungan terhadap salah satu bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden. Sehingga kami menilai kegiatan ini bagian dari politik,” kata Benny dalam keterangannya, Senin (9/10).

Pemprov Jabar buka suara soal alasannya membatalkan izin kegiatan diskusi Anies Baswedan di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News