Iwan Setiawan Geram Saat Temukan Kendaraan Dinas Tak Lulus Uji Emisi

Rabu, 06 September 2023 – 20:00 WIB
Iwan Setiawan Geram Saat Temukan Kendaraan Dinas Tak Lulus Uji Emisi - JPNN.com Jabar
Petugas melakukan uji emisi kendaraan dinas di kawasan Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/9/2023). (ANTARA/M Fikri Setiawan)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Bupati Bogor, Iwan Setiawan menemukan sejumlah kendaraan dinas milik Pemerintah Kabupaten Bogor tak lolos uji emisi karena salah konsumsi jenis bahan bakar minyak (BBM).

Iwan saat pelaksanaan uji emisi di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu (6/9), yang baru berlangsung sekitar dua jam, menemukan dua kendaraan plat merah dengan emisi di atas ambang batas.

"Hari ini untuk sementara (uji emisi) yang di internal Pemda, ternyata di Pemda ada beberapa mobil dinas yang tidak lolos," ungkap Iwan.

Menurut dia, hasil penelusuran terhadap pengendaranya, kedua mobil tersebut rupanya sering mengkonsumsi bahan bakar bersubsidi Pertalite dengan nilai oktan 90.

Padahal, kata Iwan, seluruh kendaraan dinas milik pemerintah tidak diperbolehkan mengkonsumsi bahan bakar subsidi.

Ia pun mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Bogor selalu mengisi kendaraan dinas dengan BBM jenis Pertamax yang memiliki nilai oktan 92.

"Seluruh kendaraan plat merah itu harus Pertamax, sekarang dampaknya keliatan setelah uji emisi banyak kendaraan bagus tapi tidak lolos, pas dicek dan tanya sopir ternyata (penyebabnya) penggunaan bahan bakar," kata dia.

Ia tak menampik lemahnya pengawasan menjadi penyebab masih adanya beberapa kendaraan dinas yang mengkonsumsi bahan bakar bersubsidi.

Bupati Bogor Iwan Setiawan geram saat menemukan masih ada kendaraan dinas yang tidak lulus uji emisi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News