Pemkab Bogor Ajukan Penambahan BTT Rp 5 Miliar di APBD Perubahan 2023

Rabu, 06 September 2023 – 01:00 WIB
Pemkab Bogor Ajukan Penambahan BTT Rp 5 Miliar di APBD Perubahan 2023 - JPNN.com Jabar
Uang rupiah. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten Bogor mengajukan penambahan Belanja Tak Terduga (BTT) senilai Rp5 miliar pada perubahan APBD 2023 yang kini sedang dibahas bersama DPRD.

"Kami akan minta dukungan penganggaran dari Badan Anggaran DPRD untuk menambah alokasi BTT. Untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan," kata Bupati Bogor Iwan Setiawan, Selasa (5/9).

BTT Kabupaten Bogor dalam APBD 2023 hanya tersisa Rp2 miliar dari dialokasikan Rp50 miliar. Sehingga Iwan berharap dalam APBD Perubahan dapat ditambah setidaknya senilai Rp5 miliar.

"Karena pascakemarau kemudian masuk musim hujan, dikhawatirkan ada bencana seperti tanah longsor. Tentunya hal itu perlau diantisipasi dan harus disiapkan anggaran untuk penanganan bencana," ujarnya.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto sangat siap mendukung penambahan alokasi BTT. Rencananya, Rancangan APBD Perubahan (RAPBDP) dibahas mulai Kamis (7/9).

"Kami akan lihat nanti pengajuannya seperti apa. Tetapi Pemkab Bogor juga harus menyelesaikan pembangunan sumur-sumur bor yang sudah dialokasikan dalam APBD 2023. Karena itu sudah dianggarkan," kata Rudy.

Pemerintah Kabupaten Bogor bersama DPRD setempat sedang membahas perubahan APBD tahun anggaran 2023 untuk mengejar target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023.

Beberapa alasan perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), di antaranya penyesuaian terhadap rasionalisasi belanja daerah sebagai akibat dari proses hasil evaluasi pelaksanaan kinerja selama semester satu tahun berjalan.

Anggaran BTT tinggal Rp 2 miliar, Pemkab Bogor ajukan penambahan Rp 5 miliar untuk antisipasi penanganan bencana.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News