Pengamat Sebut IoT Antares Telkom Bawa Dampak Positif ke Industri

Jumat, 01 September 2023 – 13:25 WIB
Pengamat Sebut IoT Antares Telkom Bawa Dampak Positif ke Industri - JPNN.com Jabar
Logo Telkom Indonesia, Foto: Dok Telkom Indonesia

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Penggunaan teknologi mutakhir IoT (Internet of Things) untuk sektor produktif, dinilai telah menghasilkan dampak positif pada sektor logistik dan manufaktur.

IoT ini disebut bisa meningkatkan performa dalam hal efisiensi operasional dan monitoring aset perusahaan.

Hal tersebut disampaikan oleh President Startup Bandung Grahadea Kusuf saat mengomentari pengimplementasian IoT Tracking Container milik Antares besutan Leap Telkom Digital.

Teknologi tersebut dipakai untuk memaksimalkan pelacakan kontainer yang dimiliki oleh PT Tanto Intim Line (Tanto), salah satu perusahaan ekspedisi pelayaran di Indonesia.

Menurut Grahadea, dalam sektor logistic yang sangat dinamis, monitoring dan kontrol jauh menajdi hal yang sangat krusial sekaligus dapat menunjang kinerja keseluruhan proses bisnis sebuah perusahaan.

“Implementasi IoT Tracking Container diharapkan dapat mendorong semakin meluasnya penggunaan IoT di industri logistik maupun pada sektor produktif lainnya di Indonesia,” kata Grahadea dalam keterangannya, Jumat (1/9).

Ia menambahkan, bahwa IoT Tracking Container merupakan salah satu fitur yang sangat dibutuhkan di sektor logistik.

Misalnya pada implementasi yang dilakukan di Amerika Serikat, tepatnya oleh Link-labs di tahun 2018, penggunaan IoT mereduksi bea hingga 1/15 daripada menggunakan teknologi GPS.

Penggunaan teknologi mutakhir IoT (Internet of Things) untuk sektor produktif, dinilai telah menghasilkan dampak positif pada sektor logistik dan manufaktur.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News