Platform Pijar Sekolah Hadirkan Ujian Berbasis Komputer

Kamis, 24 Oktober 2024 – 20:00 WIB
Platform Pijar Sekolah Hadirkan Ujian Berbasis Komputer - JPNN.com Jabar
Ilustrasi siswa SMA sederajat. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jabar.jpnn.com, JAKARTA - Platform Pijar Sekolah dari PT Telkom memberikan solusi bagi banyak sekolah yang terkendala saat ujian beralih ke sistem komputer. 

Salah satu sekolah yang sudah berhasil memanfaatkannya adalah SMAN 40 Jakarta. Pelaksanaan ujian yang semula menggunakan kertas, berkat Pijar sekarang sudah berganti CBT. 

Kepala Sekolah SMAN 40 Jakarta Titin Novianti mengatakan, pihaknya bukan sekadar menghilangkan ketergantungan pada kertas saja, tetapi juga mengotomatisasi penilaian, sehingga hasil ujian bisa diperoleh dengan cepat. 

“Sejak menggunakan Pijar Sekolah, siswa kami dapat mengerjakan ujian secara digital dan hasilnya dapat dipantau secara real-time oleh guru dan orang tua,” kata Titin dalam keterangannya, Kamis (24/10). 

Pernyataan Titin dibenarkan Yura, salah seorang siswa. Menurut Yura, saat menggunakan platform Pijar Sekolah, siswa lebih siap saat menghadapi ujian. 

"Saya merasa lebih siap dalam menghadapi ujian dan ujian jadi lebih mudah karena Pijar Sekolah, apalagi hasilnya bisa dilihat langsung setelah ujian selesai," jelasnya. 

Fitur CBT Pijar Sekolah sebagai aplikasi ujian virtual memungkinkan siswa mengikuti ujian secara digital.

Canggihnya, fitur ini sudah disematkan teknologi Remote Block yang menjadi protektor ‘anti menyontek’ untuk meminimalisir potensi kecurangan saat ujian berlangsung. 

Platform Pijar Sekolah dari PT Telkom memberikan solusi bagi banyak sekolah yang terkendala saat ujian beralih ke sistem komputer. 
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News