Polisi Beberkan Hasil Tes DNA Kasus Bayi Tertukar di Bogor, Begini Penjelasan Lengkapnya!

Sabtu, 26 Agustus 2023 – 00:35 WIB
Polisi Beberkan Hasil Tes DNA Kasus Bayi Tertukar di Bogor, Begini Penjelasan Lengkapnya! - JPNN.com Jabar
Dua orang tua yang bayinya tertukar saling berpelukan seusai mediasi di Mako Polres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/8/2023) malam. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Polres Bogor mengumumkan hasil tes DNA yang menyatakan bahwa dua bayi yang lahir di Rumah Sakit (RS) Sentosa, Kecamatan Kemang, Bogor, tahun lalu tertukar.

"Berdasarkan hasil dari Puslabfor Bareskrim Polri, di mana ditemukan memang 99,99 persen berdasarkan data yang diberikan Kapuslabfor bahwa kedua anak tersebut memang tertukar," kata Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro, saat konferensi pers di Mako Polres, Cibinong, Bogor, Jumat (26/8) malam.

Dia menjelaskan bahwa Polres Bogor telah melakukan sejumlah langkah penyelidikan seperti memeriksa sejumlah saksi, termasuk seluruh perawat dan bidan di rumah sakit yang bertugas saat kedua ibu tersebut melahirkan.

Menurut dia, polisi juga telah melakukan serangkaian penyelidikan untuk mengungkap kasus bayi tertukar ini, diawali dengan mendatangi lokasi kejadian di RS Sentosa.

"Langkah-langkah telah kami lakukan dari penyelidikan, kemudian kami mengumpulkan para saksi, kemudian kami melakukan pemeriksaan mendalam terhadap RS dan seluruh perawat dan bidan yang ada pada saat kejadian," kata Rio.

Rentetan perkara itu terungkap ke publik saat pasangan orang tua asal Ciseeng, Kabupaten Bogor, Siti Mauliah (37 tahun) dan Muhamad Tabrani (52) melapor ke unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Bogor pada 10 Agustus 2023.

Diketahui, Siti Mauliah melahirkan dengan operasi caesar di RS Sentosa, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor pada 18 Juli 2022. Saat itu, Siti masih menyusui bayi yang ia lahirkan.

Namun, kata Kuasa Hukum Siti, Rusdy Ridho, saat Siti menyusui di hari kedua setelah melahirkan, kliennya merasa ada beberapa perbedaan dengan bayi yang dilahirkan, terlebih pada bagian rambut yang nampak lebih lebat.

Kasus bayi tertukar di RS Sentosa temukan titik terang. Polisi sebut berdasarkan hasil tes DNA bahwa kedua bayi tersebut memang tertukar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News