JQR Berikan Pelatihan Keselamatan di Laut untuk Nelayan di Pangandaran

Rabu, 16 Agustus 2023 – 10:45 WIB
JQR Berikan Pelatihan Keselamatan di Laut untuk Nelayan di Pangandaran - JPNN.com Jabar
Dalam rangka meminimalisir angka korban kecelakaan laut, JQR berikan pelatihan untuk nelayan di Pantai Timur, Kabupaten Pangandaran. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, PANGANDARAN - Jabar Quick Response bekerjasama dengan SAR Barakuda menggelar pelatihan 'JQR Nelayan Rescue Training' di Pantai Timur, Kabupaten Pangandaran 11-12 Agustus 2023. Sebanyak 70 nelayan, dari wilayah pesisir pantai Jawa Barat dibekali kemampuan penyelamatan di laut.

Ketua Pelaksana JQR Nelayan Rescue Training, Usman Mawardi menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sebuah pemahaman kepada para nelayan mengenai perilaku saling membantu apabila terjadi kecelakaan di laut.

"Jadi ketika ada masalah atau kecelakaan di laut, para nelayan tidak hanya mengandalkan tim Basarnas, Polairud, dan kepolisian saja, akan tetapi ada kesadaran dari nelayan kerelawanan untuk membantu penyelamatan," ucap Usman dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Rabu (16/8).

Usman menambahkan, para pesertatelah dibekali pengetahuan materi maupun praktek, mulai dari materi-materi penyelamatan di laut. Pemateri dari kegiatan ini berasal dari pihak-pihak yang berkompeten, seperti Polisi Air dan Udara Pangandaran, Pangkalan TNI Angkatan Laut Pangandaran dan Poltek KP Pangandaran.

Usman berharap dari pelaksanaan kegiatan ini para peserta bisa menyebarkan materi yang didapatkan ke nelayan lainnya. Supaya meminimalisir korban dari kecelakaan di laut.

"Berharap setelah kegiatan ini selesai, mereka lebih peduli akan keselamatan dirinya saat hendak melaut mencari ikan, dan besar harapanya ilmu yang didapatnya selama pelatihan 2 hari ini, bisa meminimalisir korban nelayan yang meninggal akibat kecelakaan saat melaut," kata Usman.

Usman menambahkan, pelatihan ini merupakan bentuk kolaborasi pentahelix dari warga, lembaga, Komunitas, media, akademisi dan swasta. Dukungan dari pihak Jaswita, Migas Utama Jabar, Ron88 membuat kegiatan bisa berjalan lancar.

Sementara itu, peserta dari Kabupaten Bekasi, Surlim (50) mengaku sangat antusias saat dirinya mendengar pelatihan yang diadakan JQR untuk melatih para nelayan.

Dalam rangka meminimalisir angka korban kecelakaan laut, JQR berikan pelatihan untuk nelayan di Pantai Timur, Kabupaten Pangandaran.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News