Dinkes Depok Akan Lakukan Pemeriksaan Pap Smear dan IVA Gratis untuk 300 Warga

Selasa, 15 Agustus 2023 – 16:30 WIB
Dinkes Depok Akan Lakukan Pemeriksaan Pap Smear dan IVA Gratis untuk 300 Warga - JPNN.com Jabar
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok akan mengadakan pemeriksaan Pap Smear dan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) gratis.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan kegiatan ini akan digelar pada 18 Agustus 2023, di Lantai 10, Gedung Dibaleka II Balai Kota Depok.

"Kami adakan kegiatan tersebut dalam rangka HUT ke-78 RI yang bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Depok dan Kimia Farma," ucapnya, dikutip Selasa (15/8).

Pihaknya menyediakan kuota untuk 300 orang. Pendaftaran dapat dilakukan melalui link s.id/IVAPapSmear18072023 dan pendaftaran ditutup pada 17 Agustus 2023 pukul 10.00 WIB. 

Terdapat sejumlah syarat bagi warga yang ingin mengikuti kegiatan tersebut, yakni membawa fotokopi KTP, perempuan sudah menikah atau pernah berhubungan seksual. 

"Kemudian tidak melakukan hubungan seksual dua hari sebelumnya dan tidak membersihkan alat kelamin dengan cairan pembersih vagina dua hari sebelumnya," tuturnya.

Mary menambahkan untuk tes IVA diperuntukan bagi usia kurang dari 30 tahun dan 50 tahun, serta belum pernah melakukan tes IVA dalam satu tahun terakhir.

Sedangkan tes Pap Smear untuk usia 30 hingga 50 tahun yang belum pernah melakukan tes Pap Smear dalam lima tahun terakhir.

Demi memeriahkan HUT ke-78 RI, Dinkes Depok akan menggelar pemeriksaan Pap Smear dan IVA secara gratis bagi 300 warga Kota Depok.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News