Jauh dari Polusi Perkotaan, Kebun Raya Jadi Solusi Jitu Menikmati Udara Segar Saat Libur Akhir Pekan

Senin, 14 Agustus 2023 – 20:00 WIB
Jauh dari Polusi Perkotaan, Kebun Raya Jadi Solusi Jitu Menikmati Udara Segar Saat Libur Akhir Pekan - JPNN.com Jabar
Potret kesejukan dan keasrian udara di kebun raya. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Belakangan ini kualitas udara di Jakarta menjadi salah satu yang terburuk di dunia. Hal itu berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir.

Pada pukul 06.00 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta berada di angka 170 atau masuk dalam kategori tidak sehat dengan polusi udara PM2.5. 40 persen.

Dengan demikian kualitas hidup orang di perkotaan sangat tidak sehat dan cenderung membahayakan.

Bagi masyarakat perkotaan, mencari udara sehat dan segar adalah salah satu solusi jangka pendek yang wajib dilakukan demi menjaga kesehatan di tengah-tengah kondisi seperti ini.

Salah satu alternatif solusi yang dapat dilakukan adalah dengan healing dan mengunjungi kebun raya.

kebun raya adalah kawasan konservasi ilmiah yang merupakan lahan yang ditanami oleh jenis tumbuhan yang ditujukan untuk pemanfaatan sebagai koleksi, penelitian dan konservasi milik BRIN.

Tak hanya itu kebun raya juga berfungsi sebagai sarana wisata dan pendidikan bagi pengunjung dan masyarakat.

Sampai saat ini terdapat empat kebun raya yang menjadi unggulan nasional, yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Bali.

Kebun Raya bisa dijadikan sebagai alternatif tempat healing yang jauh dari polusi perkotaan lantaran tempatnya yang begitu asri, sejuk dan rindang pepohonan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News