5 Tahun Memimpin Jabar, Ridwan Kamil Dinilai Sukses Tingkatkan Indikator Makro

Kamis, 10 Agustus 2023 – 21:50 WIB
5 Tahun Memimpin Jabar, Ridwan Kamil Dinilai Sukses Tingkatkan Indikator Makro - JPNN.com Jabar
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar, Iendra Sofyan saat Diskusi Galang Aspirasi Politik (Gaspol) Edisi XIII bertajuk "5 Tahun Jabar Juara: Terasa dan Nyata" di Kota Bandung, Kamis (10/8). Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pembangunan yang dicanangkan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil serta Uu Ruzhanul Ulum mulai tampak hasilnya. Hal ini tercermin dari berbagai indikator makro Jabar yang membaik.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar, Iendra Sofyan mengatakan, ada beberapa kunci keberhasilan Ridwan Kamil dalam membangun Jabar. Selain inovasi, kolaborasi dan keberlanjutan kerap ditanamkan Ridwan Kamil kepada para jajarannya.

"Beliau selalu memperhatikan sejarah. Apa yang dibangun adalah keberlanjutan dari sebelumnya," kata Iendra saat Diskusi Galang Aspirasi Politik (Gaspol) Edisi XIII bertajuk "5 Tahun Jabar Juara: Terasa dan Nyata" di Kota Bandung, Kamis (10/8).

Iendra menuturkan, selama 5 tahun Jabar Juara bukan hanya peran dari Ridwan Kamil semata. Lebih jauh, inovasi yang diciptakan kerap melibatkan keberlanjutan program apa yang sudah dicanangkan pendahulunya.

"Dari sisi pembangunan, kami terus mengawal. Acuan kami adalah RPJP (Rencana Pembangunan Jangka Panjang) 2005-2025," ujarnya.

Oleh karenanya, di awal pemerintahannya, Ridwan Kamil membentuk Tim Optimalisasi dan Sinkronisasi (TOS). Tugasnya yaitu menerjemahkan Visi Misi 2018-2023 yaitu Terwujudnya Jabar Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Jabar mencapai 49 juta pada 2022. Puluhan juta penduduk tersebut tersebar di 18 kabupaten dan 9 kota.

"27 kota/kabupaten ini menjadi PR beliau. Salah satunya terkait Dana Transfer, sebab pemerintah melihatnya jumlah kota/kabupaten bukan jumlah penduduk," jelasnya.

Pembangunan yang dicanangkan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil serta Uu Ruzhanul Ulum mulai tampak hasilnya. Ini indikatornya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News