Pemkab Purwakarta Fokus Jaga Produktivitas Padi di Tengah Ancaman El Nino

Kamis, 27 Juli 2023 – 16:30 WIB
Pemkab Purwakarta Fokus Jaga Produktivitas Padi di Tengah Ancaman El Nino - JPNN.com Jabar
Ilustrasi areal persawahan. (ANTARA JABAR/Adeng Bustomi/agr)

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta fokus untuk tetap menjaga produktivitas tanaman padi di tengah ancaman kemarau panjang sebagai dampak dari fenomena alam El Nino.

"Produktivitas tanaman padi harus terjaga, agar target produksi padi tahun ini dapat tercapai," kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

Untuk menjaga produksi padi dari dampak El Nino, dia menyampaikan langkah mitigasi menghadapi dampak El Nino harus dipersiapkan sejak awal dan secara matang.

Menurut dia, semua infrastruktur sumber daya air dikelola dengan baik untuk memastikan lahan pertanian memperoleh pasokan air selama musim kemarau.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, Sri Jaya Midan menyampaikan hingga kini pihaknya telah dan terus melakukan sejumlah langkah antisipasi menghadapi dampak El Nino.

"Mitigasi yang kami lakukan, selain mengoptimalkan semua infrastruktur sumber daya air adalah dengan membantu pengadaan bibit padi dari varietas yang bisa bertahan saat musim kemarau," kata Midan.

Menurut dia, untuk langkah lainnya ialah dengan melakukan pendampingan terus menerus kepada para petani sehingga berbagai persoalan yang akan muncul di lapangan bisa segera diselesaikan.

"Tim penyuluhan pertanian melakukan pendampingan secara intensif. Ini dimaksudkan agar petani dapat mengatasi berbagai dampak dari El Nino," ujar Midan.

Pemkab Purwakarta fokus untuk tetap menjaga produktivitas tanaman padi di tengah ancaman kemarau panjang sebagai dampak dari fenomena alam El Nino.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News