Rp21 Miliar Digelontorkan Pemerintah Demi Membangun Apartemen Transit Purwakarta

Rabu, 19 Juli 2023 – 19:30 WIB
Rp21 Miliar Digelontorkan Pemerintah Demi Membangun Apartemen Transit Purwakarta - JPNN.com Jabar
Uang rupiah. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah menggelontorkan anggaran sekitar Rp21 miliar untuk pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) atau apartemen transit di zona industri Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta.

"Apartemen transit ini dibangun untuk menyelesaikan masalah hunian bagi warga berpenghasilan rendah di Jabar, khususnya buruh," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Kegiatan pembangunan apartemen transit Cibatu mulai dilakukan pada 2020 hingga 2021. Anggaran pembangunan gedungnya bersumber dari anggaran Kementerian PUPR sekitar Rp16,4 miliar.

Sedangkan anggaran pembangunan prasarana, sarana dan utilitas umum (PSU) di areal gedung itu bersumber dari APBD Pemerintah Provinsi Jawa Barat sekitar Rp4,2 miliar.

Ke depan rencananya akan dilakukan pula pembangunan PSU lanjutan pada tahun ini, dengan anggaran Pemprov Jabar sekitar Rp1,7 miliar.

Gubernur menyampaikan kalau pembangunan apartemen transit bertujuan agar masyarakat, terutama buruh, bisa memiliki hunian yang layak dengan harga yang lebih terjangkau.

Disebutkan, lokasi pembangunan apartemen transit itu ditentukan dengan mempertimbangkan kedekatan jarak antara zona industri atau tempat para buruh bekerja dengan rusunawa itu sendiri.

Sehingga bisa menguntungkan para buruh, karena aktivitas sehari-hari tidak terbebani oleh biaya transportasi menuju tempat mereka bekerja.

Pemerintah menggelontorkan anggaran sekitar Rp21 miliar untuk pembangunan rumah susun sederhana sewa atau apartemen transit di zona industri di Purwakarta.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News