Silsilah serta Ikatan Kuat Ridwan Kamil dan Nahdlatul Ulama

Rabu, 26 Juli 2023 – 21:25 WIB
Silsilah serta Ikatan Kuat Ridwan Kamil dan Nahdlatul Ulama - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ditemui seusai Masjid Raya Al-Jabbar, Kota Bandung, Kamis (29/6). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merupakan keturunan seorang ulama besar di daerah Subang, bernama KH Muhyidin atau yang dikenal dengan Mama Pagelaran.

Selain dikenal sebagai ulama besar, KH Muhyidin merupakan tokoh pejuang kemerdekaan RI. Perjuangannya sudah diakui, masuk ke dalam pahlawan nasional dari Kabupaten Subang.

“KH. Muhyiddin, seorang pahlawan yang di era kolonial membela, bertempur, melawan Belanda, kemudian di era DI juga melawan DI/TII, di era PKI juga melawan PKI. Sehingga dalam definisi kiai pejuang, beliau adalah yang nyata memberikan jasa kepada republik ini,” kata Ridwan Kamil dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Rabu (26/7).

Ridwan Kamil menuturkan, keturunan Mama Pagelaran sampai saat ini mengurus sembilan pesantren di Jawa Barat. Pesantren Pagelaran merupakan salah satu pondok pesantren tertua di Jabar.

"Kebetulan para keturunannya mengurusi sekarang sembilan pesantren, tentunya pesantren yang Ahlussunnah wal Jama'ah yang tentunya terdepan mewarisi nasihat wasiat selalu dalam agama Islam dan membela NKRI," ujar Ridwan Kamil.

Sementara itu, Ketua PWNU Jawa Barat KH Juhadi Muhammad menuturkan kadar NU Ridwan Kamil lahir dari silsilah atau nazab dengan KH Muhyiddin.

“Benar (Ridwan Kamil) NU (Nahdlatul Ulama),” kata Juhadi.

Kata Juhadi, pesantren peninggalan KH Muhyiddin mengajarkan Aswaja. Aswaja adalah aliran keagamaan yang diikuti oleh mayoritas umat Islam Indonesia, khususnya Nahdlatul Ulama.

Silsilah dan ikatan kuat antara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Nahdlatul Ulama
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News