Bank Indonesia Jabar Jelaskan Penyesuaian Tarif MDR QRIS 0,3 Persen, Pelaku UMKM Wajib Tahu

Jumat, 21 Juli 2023 – 17:25 WIB
Bank Indonesia Jabar Jelaskan Penyesuaian Tarif MDR QRIS 0,3 Persen, Pelaku UMKM Wajib Tahu - JPNN.com Jabar
Kepala Kantor Perwakilan BI Jabar Erwin Gunawan Hutapea (kiri), Pimpinan Divisi Digital Banking Bank Bjb Johanes Parulian Tamba (tengah), dan Account Manager PT Visionet Internasional (OVO)-Bandung Danny Suratin (kanan) dalam kegiatan Media Briefing: Kebijakan Penyesuaian Tarif MDR QRIS Kepada Usaha Mikro di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Jalan Braga, Kota Bandung, Jumat (21/7). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Bank Indonesia (BI) Jawa Barat memastikan penyesuaian tarif Merchant Discount Rate (MDR) QRIS yang dikenakan sebesar 0,3 persen.

Hal ini dilakukan untuk mendukung optimalisasi pelayanan digital, khususnya QRIS di tanah air.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jabar Erwin Gunawan Hutapea mengatakan, penyesuaian ini sebenarnya sudah lebih rendah jika dibandingkan awal mula QRIS diluncurkan tahun 2019, yakni 0,7 persen.

Hanya saja, diakui Erwin, tarif QRIS sempat dibebaskan alias gratis saat Pandemi Covid-19 terjadi.

“Jadi harus diingat bahwa pada awal launching QRIS tarifnya adalah 0,7 persen, selama masa pandemi disesuaikan menjadi nol persen,” kata Erwin ditemui di Bandung, Jumat (21/7).

Dengan berbagai pertinbangan, Erwin menjelaskan, akhirnya Bank Indonesia melakukan penyesuaian kembali tarif MDR QRIS pascacovid-19 dinyatakan endemi dan berakhir pada 2022 lalu.

“Kami kan sejak 2022 akhir PPKM sudah dicabut dan 2023 kegiatan ekonomi sudah mengarah kembali pada kondisi normal,” ujarnya.

Faktor lainnya adalah melihat pertumbuhan ekonomi pada Q1 2023 yang sudah menunjukkan perubahan dari recovery menjadi kebangkitan.

BI Jabar memastikan penyesuaian tarif MDR QRIS yang dikenakan kepada toko atau merchant sebesar 0,3 persen dilakukan untuk mendukung optimalisasi layanan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News