Pengusaha dan Ekonom Optimistis Pilkada Serentak 2024 Tak Pengaruhi Ekonomi Indonesia

Selasa, 18 Juli 2023 – 20:30 WIB
Pengusaha dan Ekonom Optimistis Pilkada Serentak 2024 Tak Pengaruhi Ekonomi Indonesia - JPNN.com Jabar
Sekretaris DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat Martin Chandra dan Akademisi FEB Unpad Fery Hardiyanto saat memaparkan materi dalam Dialog Ekonomi dengan tema 'Membangun Optimisme Ekonomi di Musim Kontestasi, Menelisik Tantangan dan Peluang ke Depan' di Kota Bandung, Selasa (18/7). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kontestasi politik dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 diyakini tak akan mempengaruhi sektor ekonomi Indonesia.

Hal itu dibahas dalam diskusi Dialog Ekonomi, yang digelar Ikatan Wartawan Ekonomi Bandung dengan tema ‘Membangun Optimisme Ekonomi di Musim Kontestasi, Menelisik Tantangan dan Peluang ke Depan' di Kota Bandung. 

Sekretaris DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat Martin Chandra mengatakan, pesta demokrasi di tahun 2024 dipastikan tak mempengaruhi sisi ekonomi para pengusaha.

Sebabnya, bisnis tidak melihat faktor agama, suku/ras sebagai indikator kesuksesan pebisnis.

Selain itu, pelaksanaan Pemilu pun bukan yang pertama kali digelar di Indonesia, maka hal-hal yang dikhawatirkan bakal berdampak pada para pengusaha pun sudah bisa diatasi.

“Pemilu di Indonesia itu bukan yang baru dua atau tiga kali dilaksanakan, tapi sudah lebih dari 10 kali. Jadi ini no isu, atau kita berjalan saja,” kata Martin dalam diskusi, Selasa (18/7).

Martin mengungkapkan, satu hal yang perlu dikhawatirkan menjelang Pemilu adalah regulasi pemimpin baru dalam hal investasi atau kebijakan bagi para pengusaha.

Menurutnya, lumrah terjadi apabila ada pergantian kepala negara atau daerah, maka ikut berganti juga kebijakannya.

Dialog ekonomi membahas soal keoptimisan ekonomi di musim kontestasi Pilkada Serentak 2024. Begini pemaparannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News