3 Khasiat Rutin Minum Air Daun Salam, Luar Biasa!

Selasa, 18 Juli 2023 – 08:30 WIB
3 Khasiat Rutin Minum Air Daun Salam, Luar Biasa! - JPNN.com Jabar
Daun Salam. Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Daun salam merupakan bahan masakan yang sering digunakan dalam berbagai hidangan gurih.

Selain itu, daun salam juga sering digunakan sebagai pengobatan untuk menurunkan gula darah. Pasalnya, daun salam memiliki sifat antidiabetes dan segelintir sifat menguntungkan lainnya.

Biasanya, manfaat daun salam sebagai obat herbal diabetes bisa diolah dengan cara menyeduhnya.

Menurut penelitian manfaat mengonsumsi daun salam untuk penyakit diabetes juga bisa diperoleh dalam ekstraknya. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Memiliki sifat antihiperglikemik

Penelitian yang dirilis Jurnal Nutrients menemukan adanya sifat antihiperglikemik dalam daun salam yang berguna untuk membantu mengatasi penyakit diabetes.

Perlu diketahui, bahwa hiperglikemik sendiri merupakan kondisi saat kadar gula dalam darah sangat tinggi. Hal tersebut terjadi saat tubuh kekurangan atau tidak bisa menggunakan hormon insulin dengan baik.

Ekstrak metanol daun salam mengandung flavonoid, glikosida, dan squalene yang berguna untuk menghambat penyerapan glukosa dari usus serta meningkatkan pengambilan glukosa di jaringan otot.

2. Menurunkan kadar gula darah

Penelitian yang dirilis dalam jurnal Annals of Medicine and Surgery menemukan bukti melalui tikus pada percobaan dengan gula darah dan berat badan yang dipantau sebelum sampai sesudah diberikan ekstrak daun salam.

Berikut ini tiga khasiat rutin minum air daun salam untuk kesehatan. Simak penjelasan lengkapnya di sini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News