Dekranasda Jabar: Produk UMKM Harus Unik Supaya Dilirik

Jumat, 07 Juli 2023 – 21:30 WIB
Dekranasda Jabar: Produk UMKM Harus Unik Supaya Dilirik - JPNN.com Jabar
Pengunjung sedang membeli salah satu produk UMKM yang ada di KKJ 2023, Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (7/7). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Ketua Dekranasda Jawa Barar Atalia Praratya Kamil menyatakan, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus memiliki produk yang unik supaya bisa dilirik pasar.

Hal itu disampaikan Atalia saat membuka kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) 2023 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (7/7).

Atalia mengatakan produk UMKM dari provinsi ini sangat banyak. Bukan hanya makanan, tetapi juga karya yang bagus tetapi tak terpublikasikan.

Maka dari itu, melalui kegiatan KKJ diharapkan bisa membawa masyarakat berkunjung ke KKJ.

"Kami ingin agar produk dari Jabar dapat akses ke pasar yang lebih luas, termasuk dari kegiatan ini jadi banyak pembeli, kan bisa membuka pasar lagi," kata Atalia.

Menurut Atalia, produk UMKM dari provinsi lain sekarang sudah mulai muncul dan mampu bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

Persaingan yang semakin terbuka membuat UMKM harus berani muncul dan mempromosikan produknya sehingga pembeli khususnya dari Jabar tidak membeli produk serupa yang ada di provinsi lain.

"Kami sekarang berkejaran dengan UMKM di wilayah lain. Maka harus ada yang unik agar bisa kami ajukan ke level nasional," ujarnya.

Kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) 2023 di Gedung Sate diharapkan bisa meningkatkan level pelaku UMKM di Jawa Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News