Kasus Penyakit TBC pada Anak di Kota Bogor Naik Hampir 300 Persen

Jumat, 07 Juli 2023 – 09:30 WIB
Kasus Penyakit TBC pada Anak di Kota Bogor Naik Hampir 300 Persen - JPNN.com Jabar
Anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor, Sri Kusnaeni, saat menghadiri kegiatan penanganan TBC di Kota Bogor. Foto: Dok Humpropub DPRD.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Penyakit Tuberculosis (TBC) pada anak di Kota Bogor mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, pada tahun 2022 ada 1,465 kasus, jika dibandingkan dengan tahun 2021 hanya 462 kasus.

Dari statistik yang ada, Kota Bogor menempati peringkat kedua daerah di Jawa Barat dengan jumlah kasus TBC yang mencapai 3,904 kasus pada tahun 2022 dan 248 kasus kematian.

Untuk itu, Anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor, Sri Kusnaeni secara tegas mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk melakukan percepatan eliminasi TBC yang sesuai dengan visi misi Kota Bogor sehat menuju Bogor Kota Ramah Keluarga.

Dengan adanya Aksi Gerakan Eliminasi Tuberkulosis (Aksi Geulis) yang diinisasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, diharapkan bisa menjadi langkah awal Pemkot Bogor dalam menekan angka kasus TBC di Kota Bogor.

“Kami dari DPRD Kota Bogor mendukung penuh Aksi Geulis ini. Karena sudah ada Rencana Aksi Daerah (RAD) melalui Perwali nomor 18 tahun 2023, semoga ini bukan hanya sekedar tertulis di dalam kertas tetapi kami berharap ini direalisasikan sebaik-baiknya,” ujar Sri.

Sri yang hadir diacara tersebut sebagai perwakilan Ketua DPRD Kota Bogor, mengaku banyak menemui kasus penderita TBC yang jenuh atas proses penyembuhannya.

Hal tersebut pun berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan pengobatan pasien TBC di Kota Bogor yang pada 2022 hanya menyentuh 70 persen.

Penyakit Tuberculosis (TBC) pada anak di Kota Bogor mengalami peningkatan yang sangat signifikan, jumlahnya mencapai 3,904 kasus dengan 248 kasus kematian.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News