Disdik Depok: Kuota PPDB Jalur Afirmasi Naik 10 Persen dari Tahun Lalu

Minggu, 02 Juli 2023 – 13:30 WIB
Disdik Depok: Kuota PPDB Jalur Afirmasi Naik 10 Persen dari Tahun Lalu - JPNN.com Jabar
Ilustrasi PPDB SMP Kota Depok. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Panitia Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023/2024 Kota Depok meminta orang tua siswa baik TK, SD, khususnya SMP Negeri untuk mencermati syarat dan mekanisme PPDB tahun 2023.

Sekretaris Pinita PPDB 2023/2024 Kota Depok, Bahrudin mengatakan hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir adanya kesalahan dalam melengkapi berkas.

“Tahun ini khusus jenjang SMP Negeri jalur afirmasi kuotanya naik menjadi 25 persen, tahun lalu hanya 15 persen. Jalur prestasi tahun ini turun menjadi 20 persen, sebelumnya 30 persen," ucapnya.

Dia menyebut keputusan ini sudah melalui hasil evaluasi, di mana tahun ini siswa tidak mampu yang tidak terakomodir dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) penerima Kartu Depok Sejahtera (KDS) usulannya mencapai 27 ribu.

“Dengan dasar itu, kami ubah jalur afirmasi menjadi 25 persen, yang terdiri dari 23 persen siswa tidak mampu dan 2 persen siswa inklusi,” tuturnya.

Perlu diketahui, lulusan 2023 baik SD Negeri, Swasta dan Madrasan Ibtidaiyah (MI) ada sebanyak 34.134 dengan daya tampung SMP Negeri sebanyak 9.664 siswa. Maka akan ada 24.470 siswa yang tidak tertampung di sekolah negeri.

“Muaranya akan ke SMP swasta. Untuk daya tampung SMP swasta sejauh ini masih aman. Kami minta agar orang tua mengubah mindset sekolah bahwa negeri dan swasta adalah sama," terangnya.

Baginya, baik sekolah negeri ataupun swasta sama-sama memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak.

Disdik Depok sebut, PPDB tahun ini khusus jenjang SMP jalur afirmasi kuotanya naik menjadi 25 persen, tahun lalu hanya 15 persen.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News