Dampak El Nino 176 Desa di Purwakarta Berisiko Dilanda Kekeringan Saat Kemarau Panjang

Minggu, 02 Juli 2023 – 12:30 WIB
Dampak El Nino 176 Desa di Purwakarta Berisiko Dilanda Kekeringan Saat Kemarau Panjang - JPNN.com Jabar
Kekeringan. Foto : Ricardo/JPNN.con

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Ratusan desa di Kabupaten Purwakarta berisiko terdampak kekeringan akibat musim kemarau panjang dampak dari fenomena alam El Nino.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan kalau ratusan desa di daerahnya beresiko menghadapi kekeringan pada musim kemarau panjang dampak fenomena El Nino.

Di sekitar Purwakarta terdapat 183 desa dan sembilan kelurahan, tersebar di 17 kecamatan.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, potensi kekeringan pada musim kemarau panjang tahun ini terjadi di 176 desa.

Dari 176 desa tersebut, sebanyak 160 desa di antaranya berpotensi mengalami kekeringan tingkat sedang dan 16 desa lainnya berpotensi kekeringan tingkat tinggi.

Untuk mengantisipasinya, bupati mengaku telah memerintahkan dinas terkait untuk mengoptimalkan berbagai infrastruktur sumber daya air.

Secara khusus, Anne meminta para camat dan kepala desa di seluruh Purwakarta untuk memaksimalkan infrastruktur sumber daya air seperti waduk, embung, kolam retensi dan penyimpanan air buatan lainnya.

Sebelumnya bupati telah meminta Dinas Pangan dan Pertanian mewaspadai ancaman kekeringan dari dampak El Nino di bidang pertanian.

Ratusan desa di Kabupaten Purwakarta berisiko terdampak kekeringan akibat musim kemarau panjang dampak dari fenomena alam El Nino.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News