PPDB Jabar Tahap 2 Resmi Dibuka untuk Jalur Zonasi dan Prestasi Nilai Rapor

Senin, 26 Juni 2023 – 14:00 WIB
PPDB Jabar Tahap 2 Resmi Dibuka untuk Jalur Zonasi dan Prestasi Nilai Rapor - JPNN.com Jabar
PPDB Jabar Tahap 2 Resmi Dibuka untuk Jalur Zonasi dan Prestasi Nilai Rapor. Foto: Disdik Jabar.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA, SMK, SLB Provinsi Jawa Barat (Jabar) tahap 2 tanggal 26-27 Juni 2023 dan 3-4 Juli 2023, resmi dibuka untuk jalur zonasi dan jalur prestasi nilai rapor.  

Sedangkan untuk masa sanggah verifikasi, dilakukan pada 27 Juni 2023 dan 3-5 Juli 2023. 

"Pendaftaran PPDB tahap 2 ini dilaksanakan secara daring melalui website disdik.jabarprov.go.id dan aplikasi Sapawarga," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Wahyu Mijaya dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Senin (26/6). 

Wahyu menuturkan, untuk kuota masing-masing jalur, yaitu zonasi (jenjang SMA) sebesar 50% dan SMK (prestasi nilai rapor) 25%. 

Kartu Keluarga Telah Berdomisili Paling Singkat 1 Tahun 

Untuk jalur zonasi, Wahyu menuturkan, kartu keluarga (KK) telah berdomisili paling singkat satu tahun. Sedangkan KK yang belum satu tahun/penerbitan KK baru karena perubahan anggota keluarga, dapat melampirkan surat keterangan dari RT/RW/kelurahan yang menerangkan lamanya berdomisili.  

"Yang belum satu tahun dan menumpang dengan famili lain, wajib ada surat pernyataan tidak keberatan dari kepala keluarga yang mendapat kuasa pengasuhan. Selain itu, memenuhi ketentuan kesesuaian antara kota/kabupaten pada KK dengan sekolah asal saat kelas 9," tutur Wahyu. 

Kata Wahyu, aturan tersebut merupakan upaya pencegahan perpindahan calon peserta didik fiktif, hanya untuk mendekati lokasi sekolah agar diterima melalui jalur zonasi yang dapat merugikan/menggeser hak calon peserta didik yang berdomisili dekat sekolah. 

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA, SMK, SLB Provinsi Jawa Barat (Jabar) tahap 2 resmi dibuka.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News