Mahfud MD Tak Segan Sanksi Tegas Ponpes Al-Zaytun Indramayu Bila Terbukti Melanggar

Kamis, 22 Juni 2023 – 18:15 WIB
Mahfud MD Tak Segan Sanksi Tegas Ponpes Al-Zaytun Indramayu Bila Terbukti Melanggar - JPNN.com Jabar
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (ANTARA/Syaiful Hakim)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia (Menkopolhukam) Mahfud MD menegaskan, pihaknya tak pandang bulu dalam penanganan hukum.

Pernyataan ini merespons polemik di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun, Kabupaten Indramayu.

Mahud mengatakan, saat ini pemerintah masih melakukan pengumpulan data untuk memastikan nasib ponpes pimpinan Panji Gumilang itu.

“Masih dipelajari, karena itu fenomena yang baru saja. Kami tidak boleh sembarangan menyikapi tanpa mendalami, kami sedang mendalami,” katanya di Bandung, Kamis (22/6).

Kata Mahfud, apabila dalam investigasi ditemukan ada pelanggaran, maka pihaknya tak pandang bulu dalam penegakan hukumnya, baik itu ke orang maupun lembaga.

“Kalau ada pelanggaran, siapapun di seluruh Indonesia ini sama, tapi apa betul ada pelanggaran atau tidak nanti kami dalami,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah harus berhati-hati dalam mengumpulkan data dan fakta yang kuat sebelum membuat suatu kebijakan terhadap orang maupun lembaga yang berhadapan dengan hukum.

Kemudian, penyataan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Indramayu yang menyebut Al-Zaytun telah menyimpang juga akan dijadikan data penguat dalam penyelesaian polemik.

Menkopulhukam Mahfud MD merespons polemik Ponpes Al-Zaytun di Kabupaten Indramayu.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News