5 Bahaya Minum Air Putih Berlebihan

Senin, 12 Juni 2023 – 08:30 WIB
5 Bahaya Minum Air Putih Berlebihan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi minum air putih. Foto: Hellosehat

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Minum cukup air adalah sesuatu yang kita semua dengar. Pentingnya air dan hidrasi tidak perlu diperkenalkan.

Itu menjaga keseimbangan air tubuh dan membantu mengeluarkan racun, yang mengarah ke nutrisi secara keseluruhan.

Namun, tahukah Anda bahwa minum air berlebihan bisa memberi dampak negatif pada tubuh kita?

Minum air berlebih dari biasanya cenderung meningkatkan volume darah total Anda dan juga menekan ginjal kamu untuk bekerja lembur untuk menyaring kelebihan air dari sistem peredaran darah Anda.

Ini bisa membebani jantung secara berlebihan, meningkatkan iritasi lambung dan menyebabkan keracunan air. Berikut ini beberapa efek samping minum air berlebihan, seperti dikutip laman Ndtv.

1. Hiponatremia

Minum air berlebih bisa menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Kondisi kesehatan ini disebut sebagai hiponatremia. Orang dengan kondisi penyakit jantung dan ginjal disebut berisiko lebih tinggi mengalami hiponatremia.

2. Kram Otot

Sebuah studi yang dipublikasikan di BMJ menyatakan bahwa kelebihan asupan air mengencerkan natrium dan elektrolit lain dalam darah, sehingga menurunkan kondisi natrium dalam tubuh.

Kadar natrium yang lebih rendah dalam tubuh selanjutnya bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti kram otot.

Lima dampak buruk minum air putih berlebihan untuk kesehatan, simak penjelasan lengkapnya di sini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News