5 Khasiat Air Ketumbar yang Luar Biasa, Cegah Serangan Penyakit Kronis Ini

Senin, 12 Juni 2023 – 07:30 WIB
5 Khasiat Air Ketumbar yang Luar Biasa, Cegah Serangan Penyakit Kronis Ini - JPNN.com Jabar
Ketumbar. Foto: Hellosehat

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Ketumbar merupakan salah satu bumbu dapur yang biasanya digunakan sebagai bahan masakan beberapa hidangan gurih.

Ketumbar walau kecil, tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Pasalnya, kandungan dalam ketumbar sangat dahsyat untuk kesehatan.

Ada banyak nutrisi penting seperti zat besi, potasium, asam folat, vitamin A, C dan K, magnesium, dan kalsium. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, silakan coba meracik rebusan ketumbar.

Cara membuatnya mudah. Anda cukup merendam 10 gram ketumbar dalam segelas air dan membiarkannya selama semalam.

Keesokan paginya, saring dan minum dalam keadaan perut masih kosong. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Biji ketumbar, ekstrak maupun minyaknya bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa biji ketumbar mengurangi gula darah dengan mendukung aktivitas enzim yang membantu mengontrol gula dalam darah.

Sebuah studi yang meneliti obesitas dan gula darah tinggi menemukan bahwa ekstrak biji ketumbar menurunkan gula darah secara efektif. Cara kerjanya mirip dengan efek dari obat gula darah Glibenclamide.

Berikut ini lima khasiat air ketumbar yang luar biasa, di antaranya mampu menangkal kanker dan menurunkan gula darah.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News