4 Manfaat Biji Anggur yang Luar Biasa, Bukan Kaleng-kaleng!

Jumat, 09 Juni 2023 – 08:30 WIB
4 Manfaat Biji Anggur yang Luar Biasa, Bukan Kaleng-kaleng! - JPNN.com Jabar
Buah segar anggur. Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Anggur merupakan salah satu buah populer yang banyak dikonsumsi orang. Biasanya, setelah makan anggur, Anda pasti membuang bijinya begitu saja. Padahal, biji anggur memiliki antioksidan yang sangat kuat dan berguna untuk kesehatan.

Tak hanya itu, biji anggur juga memiliki senyawa bernama oligomeric proanthocyanidin complexes (OPCs) yang membantu menghancurkan radikal bebas dalam tubuh.

Senyawa ini bermanfaat untuk mencegah berbagai kondisi kesehatan, mulai dari menurunkan tekanan darah tinggi hingga mencegah kanker. Caranya cukup mudah, biji anggur dibuat sajian teh panas. Haluskan biji anggur

Seduh serbuk biji anggur tersebut menjadi sajian minuman hangat. Adapun khasiat mengonsumsi biji anggur bagi kesehatan tubuh sebagai berikut, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Biji anggur mampu melindungi pembuluh darah dan arteri dari kerusakan, yang bisa menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi dan masalah kardiovaskular lainnya.

Selain itu, senyawa yang ada dalam biji anggur mampu merangsang aktivitas vitamin C dalam tubuh, yang akan meningkatkan produksi kolagen dan mempercepat proses perbaikan pembuluh darah yang rusak.

2. Merangsang fungsi otak

Senyawa kompleks proanthocyanidin oligomer bisa merangsang fungsi kognitif, yang akan membantu meningkatkan konsentrasi, memori, retensi dan suasana hati.

Ini penting bagi orang yang menderita risiko penyakit Alzheimer dan penyakit neurodegeneratif. Jadi, mulailah makan biji anggur untuk fungsi kognitif yang lebih baik.

Empat manfaat biji anggur untuk kesehatan, salah satunya mampu mengurangi tekanan darah tinggi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News