4 Khasiat Teh Daun Salam, Bikin Penyakit Kronis Ini Tidak Berkutik

Kamis, 08 Juni 2023 – 07:30 WIB
4 Khasiat Teh Daun Salam, Bikin Penyakit Kronis Ini Tidak Berkutik - JPNN.com Jabar
Daun Salam. Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Daun salam merupakan salah satu bumbu yang digunakan untuk menambah aroma berbagai hidangan gurih.

Selain itu, daun salam juga bisa digunakan sebagai herbal untuk mengatasi beberapa penyakit. Anda bisa mengolahnya dalam bentuk teh untuk mendapatkan khasiatnya.

Teh daun salam ini rupanya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Pasalnya, daun salam mengandung senyawa alami seperti eugenol dan myrcene yang terbukti secara efektif mengurangi rasa sakit.

Minyak atsiri daun salam bisa digunakan secara topikal untuk rasa sakit. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Obat Antiradang

Dalam sebuah penelitian di Australia, daun salam bisa menghambat aktivitas enzim COX-21 yang diketahui memicu peradangan.

Daun salam mengandung sesquiterpene lactones2 yang dikenal bisa memerangi peradangan dengan menghambat produksi oksida nitrat.

Studi menunjukkan bahwa oksida nitrat dalam konsentrasi yang lebih tinggi bisa menyebabkan peradangan. Inhibitor nitrat oksida berfungsi sebagai opsi pengobatan penyakit inflamasi.

2. Melawan Infeksi Jamur

Studi menunjukkan sifat antijamur daun salam cukup efektif, terutama terhadap infeksi Candida. Daun salam mencegah adhesi Candida ke dinding sel, dengan demikian menjaganya agar tidak menembus membran.

Berikut ini empat manfaat teh daun salam yang luar biasa, bikin sederet penyakit kronis ini tak berkutik, salah satunya mampu melawan kanker.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News