5 Khasiat Kopi Hitam Tanpa Gula yang Luar Biasa, Cegah Serangan Penyakit Kronis Ini

Rabu, 07 Juni 2023 – 07:30 WIB
5 Khasiat Kopi Hitam Tanpa Gula yang Luar Biasa, Cegah Serangan Penyakit Kronis Ini - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kopi hitam tanpa gula. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Kopi tidak diragukan lagi merupakan minuman populer yang banyak dikonsumsi orang. Kopi dipercaya sebagian orang bisa menjadi penambah energi saat memulai hari.

Adapun dalam satu cangkir kopi seduh umumnya mengandung sekitar 95 mg kafein. Perlu diingat, bahwa minum kopi yang masih dianggap wajar adalah 3-5 cangkir atau rata-rata 400 mg kafein per hari.

Namun ingat, dosis kopi mungkin berbeda untuk setiap orang, biasanya tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain.

Sementara itu, untuk mengonsumsi kopi yang sehat dengan tidak menambahkan gula. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Menjaga kesehatan otak

Salah satu manfaat mengonsumsi kopi hitam, yakni bisa menjaga kesehatan otak.

Pasalnya, kopi memiliki kandungan kafein yang memiliki banyak efek positif pada otak, seperti membantu konsentrasi, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko depresi.

Menurut jurnal Practical Neurology bahwa minum kopi bisa mencegah penurunan fungsi kognitif otak, penyakit Parkinson, dan penyakit Alzheimer.

2. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Manfaat mengonsumsi juga mampu mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2. Menurut studi yang dirilis Mayo Clinic membuktikan bahwa mengonsumsi kopi, mungkin bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Berikut ini lima khasiat kopi hitam tanpa gula yang luar biasa, salah satunya bisa menjaga kesehatan jantung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News