7 Khasiat Daun Binahong yang Luar Biasa, Cegah Timbulnya Penyakit Ini

Kamis, 01 Juni 2023 – 08:30 WIB
7 Khasiat Daun Binahong yang Luar Biasa, Cegah Timbulnya Penyakit Ini - JPNN.com Jabar
Daun Binahong. Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Daun binahong merupakan salah satu herbal yang mulai populer. Daun ini terlihat seperti sirih, tetapi dengan tekstur yang lebih tebal serta memiliki 2 varietas, yakni daun binahong yang memiliki tulang dan batang daun berwarna merah dan juga warna hijau agak ungu gelap.

Daun binahong ternyata sangat berkhasiat menyembuhkan beragam penyakit.

Di dalamnya terkandung sumber zat besi, kalsium, Vitamin C, protein tinggi, sumber fosfor dan kalium yang baik untuk kesehatan. Biasanya daun ini direbus untuk diminum airnya.

Saat ini daun binahong telah diolah ke dalam berbagai produk, seperti suplemen hingga teh herbal. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Saponin yang terkandung dalam daun binahong sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dengan cara menghambat penyerapan kolesterol tinggi dalam tubuh.

Asam empedu dalam tubuh nantinya akan mengikat kolesterol untuk membantu tubuh untuk menyerap kolesterol tersebut.

Oleh sebab itu, daun binahong sangat disarankan untuk dikonsumsi dalam diet, sehingga kolesterol tidak akan masuk ke dalam sistem, tetapi akan dikeluarkan dari tubuh.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Makanan kaya antioksidan dan serat sangat penting untuk kesehatan jantung yang optimal. Karena perubahan makanan, seseorang bisa kekurangan banyak nutrisi penting yang diperlukan untuk melindungi dan memelihara kesehatan jantung secara keseluruhan.

Berikut ini tujuh khasiat luar biasa daun binahong untuk kesehatan, salah satunya mampu menurunkan kadar kolesterol.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News