5 Makanan dan Minuman Ini Wajib Anda Hindari Saat Menstruasi, Bikin Nyeri Haid Makin Parah!

Selasa, 16 Mei 2023 – 08:30 WIB
5 Makanan dan Minuman Ini Wajib Anda Hindari Saat Menstruasi, Bikin Nyeri Haid Makin Parah! - JPNN.com Jabar
Ilustrasi sakit perut saat menstruasi.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Menstruasi atau haid merupakan siklus bulanan yang dialami setiap wanita. Menstruasi atau haid merupakan hal umum yang terjadi pada setiap wanita.

Banyak wanita menderita gejala pramenstruasi sebelum menstruasi, seperti perubahan suasana hati, sakit kepala, kembung, dan kram. Saat haid dimulai, nyeri haid biasanya bertambah parah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tertentu harus dihindari saat menstruasi, untuk mencegah nyeri haid. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Pulse.ng.

1. Makanan olahan dan bergula

Makanan dalam kaleng bisa mengandung banyak garam, yang membuat nyeri haid seperti kembung dan kram makin parah.

Gula rafinasi dari permen, biskuit, dan soda juga memperburuk kram, jadi jauhi itu. Tetap berpegang pada pilihan yang sehat dan segar saat Anda sedang menstruasi.

2. Susu dan produk susu

Susu dan produk susu mengandung lemak jenuh yang bisa menyebabkan peradangan, yang bisa memperparah nyeri haid.

3. Kopi

Sebelum dan selama menstruasi, kafein bisa memperparah nyeri panggul. Ditambah kopi bisa membuat Anda merasa lebih stres dan jengkel. Minumlah chamomile, banyak air atau minuman teh jahe sebagai gantinya.

4. Kacang

Kacang-kacangan, yang biasanya bergizi tinggi serat dan vitamin, bisa menyebabkan sakit perut saat Anda sedang menstruasi.

Wanita wajib tahu, lima makanan dan minuman ini wajib Anda hindari saat menstruasi. Simak penjelasan lengkapnya di sini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News