6 Khasiat Labu Siam yang Luar Biasa, Bantu Obati Sederet Penyakit Ini

Jumat, 12 Mei 2023 – 08:30 WIB
6 Khasiat Labu Siam yang Luar Biasa, Bantu Obati Sederet Penyakit Ini - JPNN.com Jabar
Labu Siam. Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Labu siam merupakan salah satu sayuran populer yang banyak dikonsumsi orang. Ada dua varietas utama tanaman labu siam, yaitu labu siam biasa dan jenis liar.

Umumnya labu siam dikenal dengan nama yang berbeda-beda seperti pir sayuran, choco, chow-chow, sumsum custard, labu Meksiko, labu Chayote, pir buaya, mirliton dan maerakkai (dalam bahasa Tamil).

Bagian tanaman yang bisa dimakan adalah buah, batang, daun, dan akarnya. Buah labu siam berwarna hijau cerah dan berbentuk buah pir.

Ada banyak manfaat pengobatan dari labu siam karena senyawa bioaktif seperti sterol, cucurbitacin, dan senyawa polifenol yang ada di dalamnya.

Selain itu, labu siam juga mengandung berbagai nutrisi seperti serat, gula, karbohidrat, protein, zat besi, magnesium, dan lainnya. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Pharmeasy.in.

1. Kesehatan jantung

Banyak orang saat ini menderita penyakit jantung karena pola makan yang diperkaya lemak yang membuat mereka rentan terhadap peningkatan timbunan lemak di arteri.

Ini mempersulit jantung untuk memompa darah ke arteri.

Flavonoid dalam labu siam bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan mencegah pengendapan kolesterol di arteri.

Enam khasiat labu siam yang luar biasa untuk kesehatan, salah satunya bagus untuk kesehatan jantung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News