Satu Kamar di Rutan Bandung Bisa Dihuni Belasan Tahanan

Senin, 08 Mei 2023 – 16:47 WIB
Satu Kamar di Rutan Bandung Bisa Dihuni Belasan Tahanan - JPNN.com Jabar
Suasana di ruang kunjungan keluarga narapidana di Rutan Kelas I Bandung, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Senin (8/5). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Barat Andika Dwi Prasetya menyatakan, kondisi kamar sel tahanan di Rutan Kelas I Bandung sudah tak ideal.

Jumlah warga binaan pemasyarakataan (WBP) tak sebanding dengan sel kamar yang tersedia.

Akibatnya, satu kamar sel di Rutan Kebonwaru bisa dihuni hampir 17 hingga 19 orang, dari yang idealnya hanya 7 orang saja.

“Jumlah kamar di sini 194 kamar untuk 1.800-an lebih warga binaan. Jadi memang, sangat kurang. Idealnya ya kamar itu paling besar 7 orang, kalau ini isinya 17 – 19 orang, enggak ideal,” kata Andika ditemui seusai meninjau ke Rutan Kelas I Bandung, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Senin (8/5).

Selain itu, fasilitas yang diberikan di setiap kamar sel kepada tahanan pun tak berlebihan. Pantauan di lokasi, beberapa fasilitas seperti kasur, lemari, dispenser, dan televisi ada di setiap sel.

“Setiap kamar hunian itu sudah ada standarnya diperuntukan untuk warga binaan tinggal dengan nyaman dengan pemahaman dia harus sehat itu adalah tempat istirahat dia selama menjalani proses penahanan,” ucapnya.

“Di sana disiapkan fasilitas tidur selain dipan semen, itu juga ada matras, ada fasilitas MCK, semua diukur berdasarkan kapasitas masing-masing kamar,” sambungnya.

Lebih lanjut, Ia pun membantah soal beredarnya informasi sel ‘mewah’ di dalam Rutan Bandung.

Kondisi kamar sel tahanan di Rutan Kelas I Bandung sudah melebihi kapasitas. Satu kamar bisa dihuni 17 hingga 19 tahanan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News