Ridwan Kamil Jadi Capres Alternatif Terpopuler Versi SKN

Rabu, 22 Februari 2023 – 13:30 WIB
Ridwan Kamil Jadi Capres Alternatif Terpopuler Versi SKN - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali menduduki posisi teratas sebagai calon presiden (Capres) alternatif terpopuler hasil sigi Januari 2023, berdasarkan hasil survei Litbang Kompas bertajuk Survei Kepemimpinan Nasional (SKN).

Dikutip dari harian Kompas, Rabu (22/2), Survei Litbang Kompas Januari 2023 turut mencari tahu siapa figur calon presiden (capres) alternatif yang paling diminati oleh publik.

Hasil sigi mencatat Ridwan Kamil meraih tingkat elektabilitas tertinggi sebagai capres alternatif dengan angka 22,7 persen, sementara Sandiaga Uno berada di peringkat kedua dengan 7,3 persen dan AHY sebesar 5,8 persen.

Peneliti Litbang Kompas, Eren Marsyukrilla menilai elektabilitas Ridwan Kamil semakin menguat di mata publik karena elektabilitas Uno dan AHY justru tertinggal jauh di belakang.

"Melejitnya sosok Ridwan Kamil sebagai capres alternatif selaras dengan keberhasilannya mempertahankan elektabilitas pada posisi keempat untuk membayangi tiga besar capres potensial teratas,” ucap Eren dalam keterangan resminya, Rabu (22/2).

Dirinya menjelaskan survei tersebut juga menunjukkan keterpilihan Ridwan Kamil sebagai figur alternatif, ditopang oleh adanya peralihan dukungan yang cukup besar, baik dari pendukung Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan yang ada di tiga besar capres dengan elektabilitas tertinggi.

Ridwan Kamil mendapat peralihan 16,5 persen dari pendukung Anies Baswedan sementara pendukung Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto yang mengalihkan dukungan sebesar 14 persen.

Dalam survei yang sama, elektabilitas Ridwan Kamil sebagai capres berada di angka 8,5 persen.

Berdasarkan hasil Survei Kepemimpinan Nasional (SKN), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menduduki posisi teratas calon presiden alternatif.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News