Pulau Jawa Diprediksi Akan Jadi Arena Pertarungan Sengit Prabowo, Ganjar dan Anies

Sabtu, 14 Januari 2023 – 15:15 WIB
Pulau Jawa Diprediksi Akan Jadi Arena Pertarungan Sengit Prabowo, Ganjar dan Anies - JPNN.com Jabar
Pulau Jawa Diprediksi Jadi Arena Tarung Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pulau Jawa diprediksi akan menjadi tempat pertarungan sengit antara tiga kandidat teratas calon presiden (Capres) Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu tergambar dalam hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) pada bulan Januari 2023.

Berdasarkan hasil survei LSN, dari 6 provinsi di Pulau Jawa (Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa TImur) nama Prabowo Subianto masih mendominasi di 3 provinsi, sementara Ganjar Pranowo unggul di 2 provinsi dan Anies Baswedan di 1 provinsi.

Survei LSN kali ini dilaksanakan pada tanggal 2 sampai 11 Januari 2023. Populasi survei ini adalah seluruh penduduk yang berusia 17 tahun ke atas atau belum 17 tahun tapi sudah menikah.

Total sampel sebesar 1200 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multi-state random sampling). Batas kesalahan (margin of error) kurang lebih 2,83% dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden, dilaksanakan oleh tenaga terlatih di 6 (enam) provinsi dengan pedoman kuesioner.

Peneliti Senior LSN Gema Nusantara Bakry mengatakan, Jawa Barat dan Banten masih menjadi lumbung suara dari Prabowo Subianto.

Dugaan bahwa Anies Baswedan berhasil menggerus kantong-kantong suara Prabowo di tanah Sunda, tak terbukti dalam survei LSN kali ini. Masyarakat Jawa Barat tetap menjadi pemilih loyal (loyal voters) bagi Prabowo sekaligus juga bagi Partai Gerindra.

"Jika Pilpres dilaksanakan saat ini, sebanyak 58,4% responden di Jawa Barat mengaku akan memilih Prabowo Subianto dalam simulasi tiga capres. Anies Baswedan hanya dipilih oleh 24,8% responden. Sedangkan Ganjar Pranowo didukung oleh 13,2% responden, sisanya (3,6%) belum punya pilihan (undecided)," ucap Gema dalam keterangannya, dikutip Sabtu (14/1).

Survei LSN Terbaru, Prabowo Subianto masih mendominasi di Jawa Barat, Ganjar Pranowo Tak Tergoyahkan di Jawa Tengah, Anies Berjaya di DKI Jakarta.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News