Ridwan Kamil Dinilai Warganet Capres Paling Jujur

Jumat, 07 Oktober 2022 – 15:33 WIB
Ridwan Kamil Dinilai Warganet Capres Paling Jujur - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapatkan respons baik warganet Indonesia sebagai calon presiden 2024. Orang nomor satu di Jawa Barat itu, dinilai paling kompeten dan jujur dibanding Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Penilaian ini berdasarkan dari hasil survei yang dilakukan oleh Semart Politik Club dan Poljokes. Survei ini dilakukan untuk melihat sentimen netizen di sosial media terhadap tokoh-tokoh politik yang akan maju di Pilpres 2024 terhadap 2.838 responden pada September lalu.

Pembina Semart Politik Club yang juga asociate profesor Nanyang Technological University (NTU) Singapura Sulfikar Amir mengatakan, terdapat dua penilaian dalam survei yang dilakukan olehnya.

Di antaranya, dari aspek kejujuran dan kompetensi. Pasalnya, dua aspek ini sejatinya harus dimiliki oleh seorang pemimpin, khsusunya untuk seorang calon kepala negara.

Aspek kejujuran yang dinilai netizen dalam survei tersebut yakni tokoh tersebut tidak terlibat dalam skandal korupsi, konsistensi antara ucapan dan tindakan.

“Kami ukur dua dimensi aspek paling penting bagi seorang politik untuk bisa mengelola pemerintahan. Governing skill keterampilan untuk mengelola pemerintah. Itu ada dua aspek kompetensi dan kejujuran,” kata Sulfikar dikutip siniar TotalPolitik, Jumat (7/10).

Sulfikar menyebutkan, ada delapan tokoh politik nasional maupun daerah yang dinilai dalam survei yang dilakukannya.

Kedelapan tokoh politik tersebut antara lain Anies Baswedan, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudoyono (AHY), Ganjar Pranowo, Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto, Puan Maharani, dan Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapatkan respons positif dari warganet Indonesia. Hasil survei, Ridwan Kamil dinilai sebagai bakal capres paling jujur.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News