Ridwan Kamil Optimistis Jabar Unggul dalam Investasi Hijau

Kamis, 06 Oktober 2022 – 15:15 WIB
Ridwan Kamil Optimistis Jabar Unggul dalam Investasi Hijau - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barar M Ridwan Kamil dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto seusai membuka acara West Java Investment Summit (WJIS) Tahun 2022, di Kota Bandung, Rabu (5/10/2022). (ANTARA/Ajat Sudrajat)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil optimistis daerahnya unggul dalam investasi hijau, khususnya soal energi baru terbarukan (EBT) dan otomotif listrik.

Ridwan Kamil menyontohkan, industri kendaraan listrik membutuhkan komponen penunjang yang tidak dikerjakan oleh perusahaan berskala besar. Di Jawa Barat, sudah terdapat produsen komponen tersebut yang dikerjakan berbagai pelaku UMKM.

Oleh karena itu, Ridwan Kamil mengaku tidak khawatir dengan sejumlah produsen otomotif yang berencana membangun pabrik di luar Jawa Barat.

"Kami optimis di Jawa Barat industri otomotif listrik dan energi terbarukan akan lebih unggul," kata Ridwan Kamil dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/10).

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pihaknya bersama Bank Indonesia menggelar West Java Investement Summit (WJIS) 2022. Tahun ini, tema yang diusung 'Green Investment: Food Security and Renewable Energy-Securing The New Future.'

"Mengacu pada investasi hijau berkelanjutan berfokus pada ketahanan pangan serta transisi energi menuju energi baru dan terbarukan," ujar Setiawan.

Terkait ketahanan pangan, Setiawan mamaparkan kondisi sejumlah bahan pokok di Jawa Barat.

"Beras, daging ayam, jagung, cabai rawit, cabai merah, hingga bawang merah, ada pada kondisi surplus di mana ketersediaannya lebih besar dari pada kebutuhan," katanya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil optimistis daerahnya unggul dalam investasi hijau, khususnya soal energi baru terbarukan (EBT) dan otomotif listrik.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News