Dedi Mulyadi Siapkan Terobosan Digitalisasi Museum Demi Tingkatkan Minat Anak Muda Akan Sejarah

Sabtu, 28 September 2024 – 18:35 WIB
Dedi Mulyadi Siapkan Terobosan Digitalisasi Museum Demi Tingkatkan Minat Anak Muda Akan Sejarah - JPNN.com Jabar
Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat (Jabar) nomor urut empat Kang Dedi Mulyadi (KDM) saat bertemu Masyarakat Tionghoa Peduli Indonesia di Museum Kebudayaan Tionghoa, Kota Bandung, Sabtu (28/9). Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat (Jabar) nomor urut empat Kang Dedi Mulyadi (KDM) bakal membuat program digitalisasi bagi seluruh museum di Jabar.

Program ini merupakan stimulus bagi generasi muda agar peduli akan sejarah dan lebih sering berkunjung ke museum.

Hal tersebut diungkapkan KDM saat bertemu Masyarakat Tionghoa Peduli Indonesia di Museum Kebudayaan Tionghoa, Kota Bandung, Sabtu (28/9).

"Kalau manual seperti ini anak muda gak begitu tertarik, sehingga ke depan di 2025 museum ini harus berubah menjadi museum digital, termasuk semua museum yang ada di Jawa Barat," ucap KDM.

KDM mengatakan, konsep musem digital sudah sejak lama ia wujudkan saat menjabat sebagai Bupati Purwakarta. Melalui sarana digital pengunjung bisa dengan mudah mendapatkan pesan yang tidak membosankan.

"Jadi nanti setiap ruangan bisa menggambarkan peristiwanya sendiri, dan pengunjung bisa interaktif dengan bahan media yang disiapkan di dalam museum," ujarnya.

Tak hanya soal museum, KDM juga mengajak komunitas Tionghoa yang memiliki sederet pelayanan kesehatan untuk berkolaborasi mewujudkan gagasannya dalam menggabungkan pengobatan tradisional dengan modern.

Hal tersebut, kata KDM, sudah banyak dilakukan di sejumlah rumah sakit luar negeri termasuk China. Di sana orang bisa bebas memilih untuk berobat secara tradisional atau modern.

Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat (Jabar) nomor urut empat Kang Dedi Mulyadi (KDM) siap mengubah stigma kuno museum dengan digitalisasi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News