Survei Terbaru Elektabilitas Pilkada Kota Bandung, Paslon Farhan – Erwin Tertinggi

Jumat, 27 September 2024 – 08:10 WIB
Survei Terbaru Elektabilitas Pilkada Kota Bandung, Paslon Farhan – Erwin Tertinggi - JPNN.com Jabar
M Farhan - Erwin saat mendaftar ke KPU Kota Bandung sebagai paslon Cawalkot Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung nomor urut 03 Farhan – Erwin memperoleh elektabilitas tertinggi dalam survei yang dirilis Charta Politika Indonesia, periode 10 – 17 September 2024.

Paslon yang diusung partai NasDem dan PKB itu meraih 34,5 persen, unggul atas tiga paslon lain yakni Haru Suandharu – Dhani Wirianata, Arfi Rafnialdi – Yena Iskandar Ma’some, dan Dandan Riza Wardana – Arif Wijaya.

Survei yang dilakukan dengan wawancara tatap muka, jumlah sampel 600 responden dan margin of eror (MoE) 4% pada tingkat kepercayaan 95 itu menyatakan pasangan Farhan-Erwin merupakan Paslon dengan elektabilitas tinggi.

"Pasangan Muhammad Farhan-Erwin mendapatkan elektabilitas tertinggi, diikuti oleh Haru Suandharu-Ridwan Dhani Wirianata. Berikutnya ditempati pasangan Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar Ma’soem dengan elektabilitas berimbang dengan Dandan Riza Wardana-Arif Wijaya," kata Peneliti Charta Politika Indonesia Ardha Ranadireksa dalam keterangannya, Jumat (27/9/2024).

Dilihat dari sisi usia, Muhammad Farhan-Erwin, unggul di pemilih pemula dan pemilih muda, sementara Haru Suandharu-Ridwan Dhani Wirianata relatif unggul di pemilih dewasa. Sedangkan Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar Ma’soem cukup berimbang dengan Dandan Riza Wardana – Arif Wijaya.

"Sampai dengan saat ini, Muhammad Farhan-Erwin unggul di segmen pemilih usia 17 sampai 45 tahun. Sementara Haru Suandharu-Ridwan Dhani Wirianata relatif unggul pada pemilih di atas usia 50 tahun," ujarnya.

"Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar Ma’soem dan Dandan Riza Wardana-Arif Wijaya cukup berimbang dalam beberapa segmen usia yang ada," sambung dia.

Lebih lanjut, survei yang dilakukan juga memotret sejumlah permasalahan di Kota Bandung yang dinilai menjadi prioritas untuk diselesaikan oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung mendatang.

Charta Politika Indonesia merilis hasil survei terbaru elektabilitas paslon di Pilkada Kota Bandung 2024. Siapa paling unggul?
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News