Pilkada 2024: KPU Purwakarta Targetkan Partisipasi Pemilih di Angka 84,4 Persen

Minggu, 01 September 2024 – 08:00 WIB
Pilkada 2024: KPU Purwakarta Targetkan Partisipasi Pemilih di Angka 84,4 Persen - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Pilkada. Foto: Ricardo

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purwakarta menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024 bisa melampaui 84,4 persen.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta, Oyang Este Binos mengatakan bahwa angka 84,4 persen itu merupakan capaian partisipasi pemilih pada Pemilu 14 Februari 2024.

"Jadi, kami akan mempertahankan partisipasi pemilih pada pilkada seperti yang terjadi pada pemilu lalu, bahkan ditargetkan partisipasi pemilih pada pilkada bisa melebihi angka partisipasi pemilih pada pemilu," katanya.

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada bukan hal yang mudah karena tren partisipasi pemilih seringkali berada di bawah capaian partisipasi pemilih pada pemilu.

Menurut dia, untuk menjaga partisipasi pemilih pada Pilkada 2024, KPU Purwakarta telah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan menyosialisasikan tahapan pilkada ke sejumlah kalangan masyarakat.

"Targetnya angka partisipasi pemilih pada pilkada nanti minimal mempertahankan itu. Selebihnya menaikkan partisipasi dari jumlah pemilih sebanyak 739.638 orang," katanya.

Sementara itu, pada Pilkada Serentak 2024, KPU Kabupaten Purwakarta telah menerima pendaftaran empat bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Empat bakal pasangan calon itu ialah Anne Ratna Mustika-Budi Hermawan yang diusung Partai Golkar dan PDI Perjuangan, kemudian pasangan Saepul Bahri Binzein-Abang Ijo Hapidin diusung Partai Gerindra, Demokrat dan Hanura.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purwakarta menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024 bisa melampaui 84,4 persen.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News