Ribuan Timbangan dan Alat Ukur Diuji Tera Pemkab Purwakarta

Jumat, 30 Agustus 2024 – 19:30 WIB
Ribuan Timbangan dan Alat Ukur Diuji Tera Pemkab Purwakarta - JPNN.com Jabar
Ilustrasi - Uji tera timbangan. Foto: ANTARA

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melakukan uji tera ribuan alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya untuk memastikan jaminan perlindungan konsumen sekaligus memperkuat iklim usaha yang baik di wilayah Purwakarta.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Purwakarta, Eka Sugriana menyampaikan kegiatan tera terhadap alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya juga dilakukan untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha serta meningkatkan kredibilitas perdagangan berstandar internasional.

"Dalam kegiatan uji tera, kami menerjunkan tim uji tera hingga ke pelosok desa, demi memastikan semua alat ukur perdagangan memenuhi standar baku yang ditetapkan secara internasional," katanya.

Disebutkan, sesuai dengan data Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Purwakarta, selama lima tahun terakhir terdapat 15.262 unit berbagai alat ukur telah diuji tera.

Jumlah itu meliputi tahun 2020 sebanyak 1.463 unit, tahun 2021 sebanyak 2.348 unit, tahun 2022 sebanyak 4.153 unit dan tahun 2023 sebanyak 4.425 unit.

Sementara untuk tahun 2024, uji tera yang dilakukan sepanjang Januari - Juli sudah mencapai 2.873 unit.

"Saya pastikan angka uji tera tahun 2024 ini akan terus bertambah. Tim kami masih terus melakukan pengujian hingga akhir tahun ke berbagai lokasi usaha di seluruh Purwakarta," kata Eka.

Menurut dia, pelaksanaan uji tera alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya dilakukan secara berkala oleh tim yang secara khusus diterjunkan dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Metrologi Legal Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Purwakarta.

Pemkab Purwakarta melakukan uji tera ribuan alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya untuk memastikan jaminan perlindungan konsumen.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News