Survei IPO: Kepuasan Kinerja Karna Sobahi di Majalengka dan Presiden Jokowi Sama Tinggi

Kamis, 25 Juli 2024 – 15:32 WIB
Survei IPO: Kepuasan Kinerja Karna Sobahi di Majalengka dan Presiden Jokowi Sama Tinggi - JPNN.com Jabar
Mantan Bupati Majalengka H Karna Sobahi. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, MAJALENGKA - Indonesia Political Opinion (IPO) merilis hasil survei soal tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan mantan Bupati Majalengka Karna Sobahi. Hasilnya, mayoritas masyarakat mengaku puas dengan kinerje Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka.

Berdasarkan laporan IPO, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Karna Sobahi dan wakilnya, Tarsono D. Mardiana, mencapai 96 persen dengan rincian 29 persen responden merasa sangat puas, 35 persen puas, dan 32 persen cukup puas. Hanya 3 persen yang menyatakan tidak puas dan 1 persen yang sangat tidak puas.

Survei IPO juga memberikan gambaran rinci mengenai sektor-sektor yang paling dihargai oleh masyarakat dalam pemerintahan Karna Sobahi. Mulai dari politik dan keamanan 36%, bantuan sosial 21,9%, merakyat dan sederhana 13,1%, menjaga keamanan sosial 8,7%, perbaikan layanan publik 8,1%, meningkatkan kualitas pendidikan 6,5%, melindungi dan mengayomi 2,7%, berhasil mengurangi kemiskinan 2,5%, pembangunan infrastruktur 1,8%.

Kemudian, pemberantasan korupsi 1,7%, mengendalikan harga pokok 1,5%, perbaikan Layanan Kesehatan 1,5%, penegakan hukum 1,0%, membuka lapangan pekerjaan 0,9%, menjalankan pemerintahan bersih 0,5%, layanan transportasi umum 0,4%.

Survei ini juga mengajukan pertanyaan kepada masyarakat tentang kepuasan umum mereka terhadap kinerja Bupati Majalengka dan bidang-bidang spesifik yang mereka nilai paling memuaskan.

Kepuasan Terhadap Presiden Joko Widodo

Tidak hanya di tingkat Majalengka, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo juga sangat tinggi. Survei IPO mencatat bahwa 91 persen responden merasa puas dengan kepemimpinan Presiden, dengan rincian 12 persen sangat puas, 41 persen puas, dan 38 persen cukup puas. Hanya 4 persen responden yang tidak puas dan 5 persen yang sangat tidak puas. Alasan utama kepuasan terhadap Presiden Jokowi meliputi:

- Memberikan Bantuan Sosial: 21.6%
- Pembangunan Infrastruktur: 19.4%
- Merakyat dan Sederhana: 11.2%
- Berhasil Mengurangi Kemiskinan: 1.7%
- Pemberantasan Korupsi: 1.5%
- Mengendalikan Harga Pokok: 1.0%
- Menjaga Keamanan Sosial: 1.0%
- Perbaikan Layanan Kesehatan: 1.0%
- Menjaga Kedaulatan Negara: 0.9%
- Melindungi dan Mengayomi: 0.9%
- Penegakan Hukum: 0.9%
- Perbaikan Layanan Publik: 0.5%
- Membuka Lapangan Pekerjaan: 0.5%
- Menjalankan Pemerintahan Bersih: 0.2%
- Meningkatkan Kualitas Pendidikan: 0.2%
- Layanan Transportasi Umum: 0.2%
- Tidak Tahu/Tidak Jawab: 37.3%

IPO merilis hasil survei soal tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan mantan Bupati Majalengka Karna Sobahi menyamai Presiden Jokowi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News