Enggan 'Berjudi' Politik, Golkar Lebih Pilih Ridwan Kamil Maju Kembali di Pilgub Jabar

Selasa, 07 Mei 2024 – 10:21 WIB
Enggan 'Berjudi' Politik, Golkar Lebih Pilih Ridwan Kamil Maju Kembali di Pilgub Jabar - JPNN.com Jabar
Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Golkar Ahmad Doli Kurnia Tanjung. Foto: Ridwan Abdul Malik/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - DPP Partai Golkar merekomendasikan Ridwan Kamil untuk maju kembali pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024 sebagai incumbent. Pasalnya, partai berlambang pohon beringin itu ingin meminimalisir resiko kekalahan, jika mengusung Ridwan Kamil di Pilgub DKI.

Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Golkar Ahmad Doli Kurnia Tanjung menuturkan, peluang kemenangan Ridwan Kamil di Jawa Barat lebih besar daripada harus 'berjudi' politik dengan mengusungnya di DKI.

"Kami memang lebih cenderung mendorong saudara Ridwan Kamil itu untuk calon Incumbent di Jawa Barat. Misalnya di tempat lain harus DKI Jakarta yang kami gatau lawannya siapa aja," ucap Doli seusai kegiatan Optimalisasi Peran Anggota Fraksi Partai Golkar Dalam Pemenangan Pilkada Tahun 2024 di Jawa Barat, di Hotel El Royale, Kota Bandung, Senin (6/5) malam.

Rekomendasi tersebut bukanlah tanpa alasan. Kata Doli, berdasarkan hasil beberapa lembaga survei, tingkat kepuasan akan kepemimpinan Ridwan Kamil di Jawa Barat cukup tinggi.

Sehingga, berdasarkan hitung-hitungan politik, langkah yang paling mungkin bagi Ridwan Kamil yaitu maju kembali sebagai Calon Gubernur Jabar untuk periode kedua, dalam kontestasi politik tertinggi di Jawa Barat tersebut.

"Kami kan melihat dari berbagai survei, masyarakat Jawa Barat ini merasa cukup puas dengan kinerja saudara Ridwan Kamil sebagai Gubernur di Jawa Barat," tuturnya.

Selain itu, waktu satu periode dinilai Doli kurang untuk menuntaskan sejumlah polemik dan dinamika yang terjadi di Jawa Barat.

"Dan masih ada agenda-agenda yang selama ini dalam satu periode kepemimpinannya sebagai Gubernur itu belum tuntas. Jadi kami memandang, ya apa yang sudah diagendakan itu di Jawa Barat, yang sudah diinginkan oleh masyarakat Jawa Barat ya sebaiknya diteruskan saja," ujar Doli.

DPP Partai Golkar engga mengambil resiko kalah dengan mengusung Ridwan Kamil di Pilgub DKI. Langkah realistis paling mungkin bagi Ridwan Kamil ada Pilgub Jabar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News