Otto Hasibuan Siap Bela Prabowo-Gibran Jika Ada Gugatan Sengketa Pemilu di MK

Senin, 26 Februari 2024 – 20:48 WIB
Otto Hasibuan Siap Bela Prabowo-Gibran Jika Ada Gugatan Sengketa Pemilu di MK - JPNN.com Jabar
Ketua Umum Aliansi Advokat Indonesia Bersatu, Otto Hasibuan. Foto: Ridwan Abdul Malik/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Ketua Umum Aliansi Advokat Indonesia Bersatu, Otto Hasibuan siap pasang badan dan membela pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran, bilamana ada pihak yang mengajukan sengketa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal itu disampaikan Otto seusai menghadiri acara syukuran Aliansi Advokat Indonesia Bersatu atas kemenangan Prabowo-Gibran versi quick couunt di Hotel Horison, Kota Bandung, Senin (26/2).

"Saya sudah berunding di TKN (Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran), kami siap menghadapi (gugatan sengketa Pemilu 2024)," ucap Otto.

Kata Otto, pengajuan gugatan sengketa pemilu sudah berada di tempat yang benar bila diajukan ke MK, bukan dengan hak angket yang saat ini sedang digaungkan oleh pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

"Kami tidak mau jumawa, kalau ada kehendak untuk mengajukan ketidakpuasan terhadap hasil pemilu, ajukan melalui mekanisme hukum yang sah yaitu ke Mahkamah Konstitusi," ujar Otto.

"Jadi UU Pemilu sudah diatur di sana, kalau ada orang sengketa terhadap Pemilu, jalurnya itu ke mahkamah konstitusi, kalau hak angket itu gak penyelidikan atau menyelidiki suatu perbuatan dari pada pemerintah yang tidak ada kaitannya dengan pemilu," sambungnya.

Otto menuturkan, hak angket yang akan digulirkan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) untuk membatalkan hasil Pemilu 2024 merupakan salah sasaran. Menurutnya, hak angket dan pembatalan hasil pemilu itu merupakan dua hal yang sangat berbeda.

"Kami ingin sampaikan bahwa dengan mengajukan usul hak angket ke DPR itu salah kamar. Kalau masuknya dengan mengajukan hak angket, bisa membatalkan hasil Pemilu, itu adalah dua hal yang berbeda," kata Otto.

Ketua Umum Aliansi Advokat Indonesia Bersatu, Otto Hasibuan siap pasang badan dan membela Prabowo-Gibran bilamana ada sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News